PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENTS HAVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen Di Kelas X MA Islamiyah Kabupaten Cirebon)

Tiana, (2012) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENTS HAVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen Di Kelas X MA Islamiyah Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350076_TIANA__ok.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tiana. NIM 58450997. “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Students Have Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Eksperimen di Kelas X MA Islamiyah Kabupaten Cirebon)”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Matematika sebagai pelajaran yang dianggap menakutkan bagi sebagian siswa merupakan daya dorong yang kuat bagi pendidik untuk meramu strategi pembelajaran matematika sehingga matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan. Prestasi belajar matematika siswa kelas X di MA Islamiyah tergolong rendah. Tinggi rendahnya prestasi tersebut diindikasi oleh penerapan strategi pembelajaran. Baik tidaknya strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran sangat menentukan kesan siswa terhadap matematika itu sendiri. Dengan strategi pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan memudahkan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika setidaknya dapat mengubah stigma buruk yang ada pada matematika berkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran aktif tipe question students have, prestasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran aktif tipe question students have, dan pengaruh dari pembelajaran aktif tipe question students have terhadap bidang studi matematika khususnya pokok bahasan ruang dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Islamiyah yaitu Kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Pengolahan data hasil penelitian ini menggunakan uji t independen dan regresi linier dengan variabel dummy. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh rata-rata angket penerapan strategi pembelajaran QSH sebesar 87%. Artinya respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran aktif tipe question students have tergolong baik. Sedangkan dari hasil postes menunjukkan prestasi belajar siswa tergolong sedang. Selanjutnya pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe QSH didapat dari perhitungan regresi linier dengan variabel dummy dengan persamaan . Berdasarkan uji regresi linier dengan variabel dummy, dapat dinyatakan bahwa tinggi-rendahnya prestasi belajar siswa 33,4% adalah dipengaruhi oleh pemberian strategi pembelajaran QSH. Selebihnya, sebesar 66,6% adalah dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji t independen diperoleh kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian pengajuan hipotesis diterima yaitu “Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Question Students Have dapat menjadikan prestasi belajar matematika siswa lebih baik/ lebih tinggi dibandingkan dengan melalui penerapan pembelajaran biasanya (strategi pembelajaran konvensional)”. Kata Kunci: Strategi pembelajaran aktif tipe question students have, prestasi belajar, metode eksperimen, pendekatan kuantitatif

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 07:57
Last Modified: 07 Jun 2017 03:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1000

Actions (login required)

View Item View Item