MANAJEMEN KOMUNIKASI YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (YLPI) PONDOK BUNTET PESANTREN CIREBON DALAM MENGELOLA INFORMASI PANDEMI COVID-19

Ahmad Yusron Bayanulloh, (2023) MANAJEMEN KOMUNIKASI YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (YLPI) PONDOK BUNTET PESANTREN CIREBON DALAM MENGELOLA INFORMASI PANDEMI COVID-19. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1608302071_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608302071_2_bab1.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608302071_6_bab5.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608302071_7_dafpus.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan pada merebaknya wabah covid-19 yang berbahaya menular ke banyak orang terutama yang berada di wilayah pondok pesantren sehingga perlu adanya manajemen komunikasi yang diatur dalam pengelolaan informasi pandemi di Pondok Buntet Pesantren ini. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini yaitu Bagaimanakah penerapan manajemen komunikasi YLPI Pondok Buntet Pesantren Cirebon dalam mengelola informasi pandemi Covid-19?, Bagaimana efek atau hasil dari manajemen komunikasi YLPI Pondok Buntet Pesantren Cirebon dalam mengelola informasi pandemi Covid-19?, Bagaimana komunikasi horizontal dan vertikal YLPI Pondok Buntet Pesantren Cirebon dalam mengelola informasi pandemi Covid-19?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, efektivitas, dan komunikasi horizontal maupun vertikal dari Manajemen Komunikasi YLPI Pondok Buntet Pesantren Cirebon dalam mengelola informasi pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Menggambarkan secara mendalam mengenai Manajemen Komunikasi YLPI Pondok Buntet Pesantren Cirebon dalam mengelola informasi pandemi Covid-19. Kemudian subjek penelitian ini adalah sekertaris yayasan, dan seluruh ketua serta sekertaris masing-masing bidang. Sumber data dalam penelitian adalah sumber data primer yaitu dari hasil wawancara dan penyerahan dokumen secara kredibel, lalu sumber data sekunder yakni data yang bersumber dari penelitian atau karya ilmiah sebelumnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut stake yakni pengumpulan kategori, interpretasi langsung, membentuk pola dan juga mengembangkan generalisasi naturalistik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan manajemen komunikasi dalam mengelola informasi pandemi ini YLPI Pondok Buntet Pesantren Cirebon yakni melalui program-program yang sudah sesuai anjuran pemerintah tetapkan. 2) Hasil atau efeknya terkait pengelolaan informasi covid-19 sangat efektif sehingga tingkat penyebarannya bisa ditekan dan berkurang. 3) Komunikasi horizontal dan vertikalnya menggunakan teori Lasswell yaitu seluruh pengurus YLPI Pondok Buntet pesantren sebagai komunikator. Pesan berbentuk informasi, edukasi, dan persuasif pentingnya menjaga prokes dan bahayanya virus tersebut. Media yang digunakan media sosial seperti grup whatsapp, facebook, telegram. Seluruh santri dan juga masyarakat Pondok Buntet Pesantren sebagai komunikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Komunikasi,Pengelolaan, Informasi Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:57
Last Modified: 14 Mar 2023 07:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10007

Actions (login required)

View Item View Item