PENGARUH PENGUASAAN MATERI SUDUT TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SEGITIGA ( di Kelas VII MTs Assalafiyah Luwungragi Brebes)

AHMAD SHOFWAN, (2012) PENGARUH PENGUASAAN MATERI SUDUT TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SEGITIGA ( di Kelas VII MTs Assalafiyah Luwungragi Brebes). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350077_AHMAD SHOFWAN_06450824__ok.pdf

Download (933kB) | Preview

Abstract

AHMAD SHOFWAN : “Pengaruh penguasaan sudut terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal – soal segitiga” (di kelas VII MTs Assalafiyah Luwungragi Brebes ) Belajar matematika adalah belajar secara hierarkis karena dalam matematika siswa diberikan materi secara bertahap dari yang mudah menuju materi yang sedang dan kemudian ke materi yang lebih sulit lagi. Di dalam proses meningkatnya tingkat kesukaranya, diantara materi- materi yang satu berkaitan dengan yang lain atau boleh juga dikatakan bahwa materi yang satu merupakan materi prasyarat dari materi yang nantinya akan dipelajari. Sesuai dengan deskripsi tersebut adakah pengaruh penguasaan sudut terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal – soal segitiga. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar penguasaan materi sudut yang dikuasai siswa. (2) Untuk mengetahui seberapa besar besar kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal – soal segitiga. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan sudut terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal – soal segitiga. Penelitian ini mengacu pada pembelajaran matematika secara hierarkis yang didalamnya terdapat keterkaitan antara materi yang satu dengan yang lainya yang berttujuan mencapai prestasi siswa yang signifikan. Seperti halnya untuk mempelajari materi segitiga dibutuhkan materi prasyarat yaitu materi sudut. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif jenis korelasional dengan teknik pengumpulan data yaitu tes pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Assalafiyah Luwungragi Brebes Tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 420 siswa, sedangkan pengambilan sampel dalam, penelitian ini menggunakan cluster random sampling yaitu peneliti mengambil secara acak tiga kelas dari sepuluh kelas yang ada. Berdasarkan hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa hasil tes pilihan ganda penguasaan sudut nilai tertinggi 100 dan terendah 35, sedangkan kemampuas siswa menyelesaikan soal – soal segitiga niali tertinggi 100 dan nilai terendah 45. Untuk tingkat korelasi antara materi sudut dan materi segitiga mempunyai interpretasi tinggi yaitu dengan koefisien 0,93, artinya penguasaan materi sudut dapat memepengaruhi kemampuan menyelesaikan soal – soal segitga. Besarnya pengaruh ditunjukan ileh koefisien determinasi sebesar 86 %, sedangkan sisanya 14 % ditentukan oleh faktor – faktor lain yang turut menunjang kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal – soal segitiga. Sedangkan meningkat dan mensurunya penguasaan sudut dapat dijelaskan oleh kemampuan segitiga melalui persamaan regresi Y = 24,09 + 0,702 x, artinya jika penguasaan sudut naik satu satuan maka kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal – soal segitiga akan meningkat sebesar 0,702 kali nilai kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 08:01
Last Modified: 06 Jun 2017 01:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1001

Actions (login required)

View Item View Item