Resepsi Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam Pengobatan Rabbani di Majelis Zikir As-Samawaat Al-Maliki Tanjung Burung Tangerang Banten

Fatmah Ainussolihah, (2023) Resepsi Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam Pengobatan Rabbani di Majelis Zikir As-Samawaat Al-Maliki Tanjung Burung Tangerang Banten. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 IAT.

[img]
Preview
Text
1808304030_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808304030_2_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808304030_6_bab5.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808304030_7_dafpus.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Berangkat dari kenyataan masyarakat modern, tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan manusia tidak akan bisa terlepas dari berbagai persoalan hidup, baik berupa bencana, bala, penyakit, kesempitan, kesulitan hidup, dan lain sebagainya. Oleh karenanya sangat penting bagi umat Islam mempunyai kendaraan yang bisa mengantarkan untuk menghadap kepada Allah, kendaraan tersebut adalah shalat dan zikir. Keduanya adalah sebuah bentuk komunikasi seorang hamba dengan Tuhannya. Fokus penelitian ini pada praktik dan proses pengobatan rabbani serta bagaimana resepsi pasien terhadap ayat al-Qur’a>n dan zikir yang digunakan di Majelis zikir As-Samawaat Al-Maliki. Adapun jenis penelitian ini adalah (field research) secara kualitatif. Pada penelitian ini digunakan pendekatan fenomenologis, yang lebih khusus dengan dua sudut pandang. Guna mendapatkan data yang lebih valid. Hasil penelitian ini merupakan praktik dalam proses pelaksanaan pengobatan dengan zikir sebagai bahan bacaan yang dibacakan pada saat proses pengobatan. Terdapat 2 metode yang digunakan oleh Majelis Zikir As-Samawaat Al-Maliki dalam pelaksanaan pengobatan Rabbani ini yaitu terapi ilahiyah dan metode khusus yang dimiliki oleh beliau dalam proses penyembuhannya. Metode tersebut beliau dapatkan berdasarkan pengalaman pribadinya selama 27 tahun pengobatan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Living Qur’an, Zikir, Pengobatan
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:28
Last Modified: 14 Mar 2023 07:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10012

Actions (login required)

View Item View Item