STRATEGI KOMUNIKASI PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA (PIK-R) DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI DESA DUKUH TENGAH KEC. KARANGAMPEL KAB. INDRAMAYU

Muhammad Nur Al-Isro, (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA (PIK-R) DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI DESA DUKUH TENGAH KEC. KARANGAMPEL KAB. INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 KPI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai strategi komunikasi yang digunakan oleh pusat informasi konseling remaja (PIK-R). Penelitian ini di latar belakangi adanya status masyarakat khususnya remaja yang minat kegiatan positif sangat rendah dikarenakan kurangnya semangat dalam kegiatan positif, serta kesibukan remaja yang rata-rata sudah dikuasai oleh pergaulan bebas. Sehingga tingkat kenakalan remaja semakin meningkat. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi komunikasi Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) dalam mengatasi kenakalan remaja di Desa Dukuh Tengah Kec. Karangampel Kab. Indramayu ?, (2) Bagaimana bentuk kenakalan remaja di Desa Dukuh Tengah Kec. Karangampel Kab. Indramayu ? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) dalam mengatasi kenakalan remaja di Desa Dukuh Tengah Kec. Karangampel Kab. Indramayu ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikai yang dilakukan pusat informasi konseling remaja (PIK-R) dalam mengatasi kenakalan remaja, perubahan setelah adanya program PIK-R serta pendukung dan penghambat dalam kegiatan program PIK-R dalam mengatasi kenakalan remaja agar kasus kenakalan remaja semakin menurun. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan oleh penulis adalah teknik analisis studi kasus. Hasil penelitian didapatkan strategi yang digunakan yaitu: 1) Penelitian. 2) Perencanaan. 3) Pelaksanaan. 4) Evaluasi. 5) Pelaporan. 2. Bentuk kenakalan remaja di Desa Dukuh Tengah Kec. Karangampel Kab. Indramayu, diantaranya : a) meminum minuman air keras, tindakan asusila, bulliying, narkoba, tawuran, pencurian. Keberhasilan program ini tidak lepas dengan adanya faktor pendukung dan penghambat, yaitu: Adanya dukungan dari pihak Pemerintah setempat, tokoh masyarakat, masyarakat termasuk orang tua dan toko agama setempat. Rendahnya kesadaran remaja tentang pentingnya melakukan kegiatan positif. Peran sebagian orangtua dan tokoh masyarakat yang kurang pedulipun masuk kedalam salah satu penghambat dalam mengatasi kenakalan remaja.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, komunikasi organisasi, PIK-R, kenakalan remaja, Desa Dukuh Tengah
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:40
Last Modified: 14 Mar 2023 01:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10029

Actions (login required)

View Item View Item