EFEKTIVITAS KONSELING QUR’ANI TERHADAP PENINGKATAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN ASHABUL KAHFI TAHUN 2023

Icha Faricha, (2023) EFEKTIVITAS KONSELING QUR’ANI TERHADAP PENINGKATAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN ASHABUL KAHFI TAHUN 2023. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306179_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306179_2_bab1.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306179_6_bab5.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306179_7_dafpus.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Salah satu yang mempengaruhi psychological well-being seseorang adalah tingkat menjalankan ritual agama seseorang yang dapat dilihat dari kualitas dan kuantitas atau biasa disebut dengan religiusitas. Religiusitas mampu dalam meningkatkan psychological well-being individu. Individu dengan kondisi religiutas yang kuat, maka dapat mempunyai kepuasan hidup dan kebahagiaan yang lebih tinggi, dan mengalami dampak negatif akibat trauma yang lebih rendah jika dibandingkan dengan individu yang memiliki kepercayaan terhadap agama yang rendah. Dengan demikian, melalui agama terdapat sumber untuk dapat menjelaskan serta menyelesaikan problematika yang ada. Adapun yang dimaksud sumber yang dapat menjelaskan serta menyelesaikan problematika yang ada yaitu Al Qur’an. Di mana Al Qur’an itu dibutuhkan oleh layanan konseling untuk dijadikan sebagai rujukan, sebab di dalam Al Qur’an membahas mengenai segala ilmu pengetahuan tentang manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa efektifnya konseling qur’ani dengan pendekatan mauidzah hasanah dalam meningkatkan kondisi psychological well-being pada remaja di Panti Asuhan Ashabul Kahfi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttetst design, Penelitian ini menggunakan alat ukur adaptasi dari Ryff psychological well-being. Subjek penelitian adalah 12 remaja yang berusia 12 hingga 18 tahun dan tinggal di Panti Asuhan Ashabul Kahfi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji-T dan N-Gain score. Konseling qur’ani dilaksanakan selama dua kali pertemuan dengan ayat yang dibahas adalah QS. Ali Imron ayat 139 dan QS. An-Nahl ayat 90. Subjek merasakan perubahan dan peningkatan pada setiap dimensi psychological well-being dan merasa lebih puas akan kehidupannya setelah dilaksanakannya konseling qur’ani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling qur’ani cukup efektif dalam meningkatkan skor psychological well-being remaja di Panti Asuhan Ashabul Kahfi. Hal ini ditunjukkan oleh hasil Uji-T melalui paired sample T-tes dengan nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0.001 menunjukkan kurang dari 0.05 yang berarti H0 ditolak, maka Ha diterima yaitu konseling qur’ani efektif meningkatkan psychological well-being remaja di Panti Asuhan Ashabul Kahfi. Sedangkan pada uji N-Gain yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.69.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Konseling Qur’ani, Psychological Well-Being, Remaja
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:20
Last Modified: 14 Mar 2023 02:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10036

Actions (login required)

View Item View Item