PENGARUH PENGGUNAAN BILINGUAL MODULE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Kasus di MAN 2 Kota Cirebon)

ANIS SETIAWATI, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN BILINGUAL MODULE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Kasus di MAN 2 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350080_ANIS SETIAWATI_58451106__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ANIS SETIAWATI : “Pengaruh Penggunaan BilingualModule Terhadap Motivasi BelajarSiswa di MAN 2 Kota Cirebon”. Penelitian ini memiliki latar belakang yang berdasarkan observasi peneliti dan hasil wawancara pada guru mata pelajaran matematika, bahwa gejala umum yang terjadi adalah siswa kurang mandiri dalam belajar karena tidak adanya motivasi serta dukungan belajar. Dengan adanya masalah tersebut menjadi permasalahan yang bisa mendorong pihak sekolah untuk memfasilitasi media/ bahan cetak khusus untuk mata pelajaran matematika salah satunya adalah menyediakan cetak bilingual module matematika pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memgetahui motivasi siswa kelas XI IPS MAN 2 Kota Cirebon yang dalam proses pembelajaran menggunakan media cetak billingual module, mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan billingual module terhadap Motivasi belajar siswa MAN 2 Kota Cirebon. Hipotesis penelitian ini yaitu adanya pengaruh penggunaan bilingual module terhadap motivasi belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah seberapa besar respon siswa XI IPS 1 MAN 2 Kota Cirebon terhadap penggunaan Billingual Module Matematika pada saat pembelajaran, seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 di MAN 2 kota Cirebon, adakah pengaruh pembelajaran dengan menggunakan billingual module terhadap motivasi belajar siswa MAN 2 Kota Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif studi kasus yang dilaksanakan selama 2 bulan. Variabel penelitian ini adalah penggunaan bilingual module dan motivasi belajar matematika. Data yang diperoleh melalui : hasil observasi, dan hasil Angket respon siswa terhadap penggunaan bilingual module dan motivasi belajar siswa. Dari analisis data angket siswa yaitu angketbilingual module dan angket motivasi belajar. Angket bilingual module diperoleh nilai rata-rata 52,65% menjawab sangat setuju, dan hasil angket motivasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 40,21% siswa menjawab sangat setuju. Berikutnya melalui bantuan perhitungan Windows SPSS versi 16,0 diperoleh dari uji regresi sederhana dengan menggunakan model Eksponensial dapat diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 08:13
Last Modified: 06 Jun 2017 01:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1004

Actions (login required)

View Item View Item