PENGARUH PENGGUNAAN SCRATCH TERHADAP KREATIVITAS BERFIKIR MATEMATIS (StudiEksperimenTerhadapSiswaKelas VIII MTsNegeriKetanggungan KabupatenBrebes)

Nuraenafisah, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN SCRATCH TERHADAP KREATIVITAS BERFIKIR MATEMATIS (StudiEksperimenTerhadapSiswaKelas VIII MTsNegeriKetanggungan KabupatenBrebes). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350081_NURAENAFISAH_58451090__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nuraenafisah: “Pengaruh Penggunaan Scratch Terhadap Kreativitas Befikir Matematis” Setiap pendidik menginginkan siswanya berfikir kreatif dalam menyelesaikan masalah-masalah matematika. Berdasarkan observasi peneliti di MTs negeri Ketanggungan, kreatif berfikir kreatif matematis siswa kurang baik, karena masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan masalah dan memberikan banyak jawaban serta menggunakan strategi yang bersifat baru terhadap masalah bangun ruang datar. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui seberapa baik penggunaan SCRATCH dalam pembelajaran matematika dan mengetahui seberapa baik kreativitas berfikir matematika siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang datar serta mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan SCRATCH terhadap kreativitas berfikir matematika siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang datar. Scratch adalah bahasa pemprograman yang sifat pengoperasiannya bias menumbuh kembangkan kreativitas berfikir matematis. Dengan scratch siswa dapat menciptakan atau membuat produk/permainan matematika dan siswa juga dapat mengembangkan kelancaran berfikir logis dan kreatif. Semakin maksimal penggunaan Scratch dalam pembelajaran matematika maka akan semakin meningkat pula kreativitas berfikir matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs N Ketanggungan, sedangkan sampel VIII B (eksperimen) dan VIII D (control). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Setelah data diperoleh, kemudian dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian statistik berupa uji regresi dengan menggunakan SPSS 18. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Scratch termasuk kategori baik, hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata dari data angket sebanyak 71,62. Kreativitas berfikir matematis siswa MTs Negeri Ketanggungan yang menggunakan Scratch tergolong baik. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata 75,22. Penggunaan Scratch berpengaruh positif terhadap kreativitas berfikir matematis. Hal ini ditunjukan dengan analisis regresi, yaitu dengan besarnya pengaruh yaitu 12,5%. Kata Kunci: Scratch dan kreativitas berfikir matematis

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 08:17
Last Modified: 07 Jun 2017 01:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1005

Actions (login required)

View Item View Item