PENGARUH PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMPN 1 CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN

Evi Nurfaizah, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMPN 1 CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350083_EVI NURFAIZAH__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Evi Nurfaizah. NIM 58451016 “Pengaruh Penggunaan Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMPN 1 Cilimus Kabupaten Kuningan”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012 Matematika merupakan alat penting dalam berbagai bidang, untuk itu sepatutnya matematika menjadi sesuatu yang digemari, didekati, bukan sebaliknya untuk ditakuti atau dijauhi. Namun dalam proses pembelajaran yang monoton atau tidak bervariasi membuat siswa cenderung pasif hal itu membuat siswa lebih cenderung mendengar, adapun dalam proses pembelajaran mengalami kesulitan mereka memilih diam dan takut bertanya, terlebih dalam penjelasan materi yang memerlukan imajinasi tinggi, tentu memerlukan sesuatu untuk membantu mereka dalam berimajinasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui seberapa baik penggunaan metode praktikum pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Cilimus, 2) Untuk mengetahui seberapa baik hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Cilimus, 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode praktikum terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Cilimus. Dalam proses mengajar matematika terdapat suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan antara guru dan siswa. kesuksesan dalam proses pembelajaran terlihat apabila anak-anak dapat mengemukakan apa yang dipelajarinya dengan bebas serta penuh kepercayaan dalam berbagai situasi dalam hidupnya. Tentu sesuatu yang dilakukanya akan mudah di ingat dari pada sesuatu yang didengar atau dilihatnya, karena melakukan sesuatu berarti memahaminya. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Cilimus. Metode pembelajaran yang digunakan, yakni metode praktikum dan dilaksanakan dikelas VIII.8 sebagai kelas yang terpilih dari 10 kelas yang ada dengan cara pengundian atau cluster sampling dari popolasi yang berjumlah 377.Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes (vaiabel Y) dan angket (variabel X) yang diberikan kepada siswa setelah materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok dilaksanakan sampai dengan selesai. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) penggunaan metode praktikum pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Cilimus mendapatkan respon sebesar 80,76%, 2) hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Cilimus termasuk kategori baik dengan rata-rata sebesar 71,68, 3) besar pengaruh penggunaan metode praktikum terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Cilimus adalah 61%, adapun koefisien korelasi sebesar 0,781 dan persamaan adalah y=1,02x. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel 7,506 > 2,34, karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan diterapkanya metode praktikum pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 01:09
Last Modified: 06 Jun 2017 03:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item View Item