PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NON CETAK BERBASIS EBOOK DENGAN APLIKASI ADOBE CAPTIVATE 3.0 UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 1 CILIMUS

Erah Siti Syarah, (2012) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NON CETAK BERBASIS EBOOK DENGAN APLIKASI ADOBE CAPTIVATE 3.0 UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 1 CILIMUS. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350088_ERAH SITI SYARAH__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Erah Siti Syarah : Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak berbasis Ebook dengan Aplikasi Adobe Captivate 3.0 untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Cilimus Terdapat sejumlah alasan, mengapa guru perlu untuk mengembangkan bahan ajar, yakni antara lain; ketersediaan bahan sesuai tuntutan kurikulum, karakteristik sasaran, dan tuntutan pemecahan masalah belajar. Pengembangan bahan ajar harus memperhatikan tuntutan kurikulum, artinya bahan belajar yang akan kita kembangkan harus sesuai dengan kurikulum. Pada kurikukulum tingkat satuan pendidikan, standard kompetensi lulusan telah ditetapkan oleh pemerintah, namun bagaimana untuk mencapainya dan apa bahan ajar yang digunakan diserahkan sepenuhnya kepada para pendidik sebagai tenaga profesional. Dalam hal ini, guru dituntut untuk mempunyai kemampuan mengembangkan bahan ajar sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar non cetak matematika bebasis ebook dengan aplikasi adobe captivate untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Cilimus. Tujuan khusus yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan bahan ajar matematika bebasis ebook dengan aplikasi adobe captivate untuk kelas VIII di SMP Negeri 1 Cilimus, (2) teridentifikasinya keefektifan pemanfaatan bahan ajar matematika yang dikembangkan. (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan bahan ajar matematika berbasis ebook dengan menggunakan aplikasi adobe captivate 3.0. Penggunaan bahan ajar berbasis ebook diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena pembelajaran yang kondusif dan interaktif akan menjadi dorongan bagi siswa untuk belajar sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Bahan ajar matematika berbasis ebook yang telah dirancang memungkinkan siswa belajar mandiri tanpa adanya keterpaksaan tetapi menjadi kebutuhan. Setelah dikembangkannya bahan ajar diharapkan permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa akan terkurangi sehingga mampu meningkatkan prestasi matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Cilimus. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar matematika ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development) jenis ADDIE. Beberapa tahap yang akan dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Analisis kebutuhan, (2) Desain bahan ajar, (3) Pengembangan bahan ajar, (4) Implementasi bahan ajar, (5) Evaluasi bahan ajar, Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa perlu dikembangkannya bahan ajar matematika untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Cilimus karena belum tersedia di sekolah baik dari guru maupun dari dinas pendidikan. Hasil penelitian berupa produk bahan ajar yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian, hasil post test di kelas kontrol (nilai rata-rata 78,68) dan hasil post test di kelas eksperimen(nlai rata-rata 84,35) maka bahan ajar yang dikembangkan ini efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Kata kunci : bahan ajar, efektivitas, ebook,dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 01:37
Last Modified: 06 Jun 2017 03:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item View Item