PENGEMBANGAN PENILAIAN KINERJA SISWA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PADA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIWARINGIN

Ningzul Fatimatun, (2012) PENGEMBANGAN PENILAIAN KINERJA SISWA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PADA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIWARINGIN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350089_NINGZUL FATIMATUN__ok.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ningzul Fatimatun, NIM 58450989. “PENGEMBANGAN PENILAIAN KINERJA SISWA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PADA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIWARINGIN”. Penelitian ini dilakukan karena dalam kegiatan pembelajaran Penilaian Berbasis Kelas (PBK) kurang diperhatikan oleh guru, penilaian yang dilakukan terbatas pada tes tertulis, sehingga jika siswa belum mencapai indikator yang telah ditentukan, maka akan menyebabkan munculnya kesan asal memberi nilai atau berlakunya sistem “katrol” dan penilaian yang utama dilakukan yaitu pada evaluasi sumatif melalui tes semester. Oleh karena itu, perlu dikembangkan penilaian yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga penilaian yang dilaksanakan berperan terhadap hasil belajar siswa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh perangkat penilaian kinerja pada Lembar Kerja Siswa (LKS) mata pelajaran matematika kelas VIII pokok bahasan Kubus dan Balok, melakukan uji coba penilaian kinerja dan mendeskripsikan hasil belajar siswa pada penerapan penilaian kinerja. Uji coba penilaian kinerja dilakukan di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Ciwaringin. Suatu proses pembelajaran, penilaian terdiri dari penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses merupakan penilaian yang dilakukan dalam pembelajaran, salah satu alternatif penilaian yang dilakukan dalam pembelajaran adalah penilaian kinerja siswa dimana penilaian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu research and development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rubrik analitik sebagai pedoman penilaian kinerja yang telah dikembangkan, tes obyektif pilihan ganda, lembar observasi dan lembar validasi untuk expert judgement. Hasil dari penelitian ini adalah perangkat penilaian kinerja siswa pada Lembar Kerja Siswa (LKS) kelas VIII semester 2 yang meliputi 6 kali pembahasan yakni mementukan unsur-unsur kubus dan balok, membuat jaring-jaring kubus dan balok, menentukan rumus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok, menentukan rumus dan menghitung volume kubus dan balok. Berdasarkan hasil validasi expert judgement terdapat beberapa komponen penilaian kinerja yang perlu direvisi. Nilai ketuntasan kinerja siswa pada enam indikator adalah 89,8% ,87,2%, 92,3%, 92,3%, 94,9%, 89,8% siswa telah mencapai KKM (efektif) dengan nilai rata-rata tiap indikator yaitu 81,92, 76,92, 81,41, 79,74, 86,54, 86,92 sedangkan hasil nilai tes akhir (post test) 92,3 % siswa telah mencapai KKM (efektif) dengan nilai rata-rata 74,74 menunjukan bahwa penilaian kinerja yang telah dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 01:41
Last Modified: 07 Jun 2017 01:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item