HUBUNGAN PENGGUNAAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS BLOG DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN

Riskasari, (2012) HUBUNGAN PENGGUNAAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS BLOG DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350101_RISKASARI_58451128__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Riskasari : Hubungan Penggunaan Bahan Ajar Matematika Berbasis Blog dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jalaksana Kabupaten Kuningan Berdasarkan hasil dari studi pendahuluan penulis dengan guru bidang studi matematika kelas VIII SMP Negeri 2 Jalaksana Kuningan, proses belajar mengajar matematika masih dilakukan secara konvensional dan dengan menggunakan bahan ajar berupa buku paket dan LKS. Di sekolah SMP Negeri 2 Jalaksana sudah terdapat infrastruktur laboratorium komputer dan layanan internet juga sudah tersedia, namun belum di gunakan secara optimal. Blog merupakan salah satu bentuk atau model dalam internet, media blog di sini menjadi sebuah jembatan penghubung antara guru dan siswa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi (IT). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Jalaksana, dengan tujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar matematika berbasis blog, mengetahui hasil belajar matematika siswa, dan mengetahui hubungan keduanya pada siswa kelas VIII SMPN 2 Jalaksana. Metode penelitian skripsi ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif berjenis korelasional. Populasi target dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Jalaksana Kabupaten Kuningan yang berjumlah 202 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VIII C yang berjumlah 28 siswa. Adapun teknik yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan bahan ajar matematika berbasis blog dan hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Setelah data diperoleh , analisis data menggunakan uji korelasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar matematika berbasis blog memperoleh respon sebesar 77,75 %. Hasil belajar matematika siswa menunjukkan kategori cukup baik berdasarkan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa yaitu sebesar 66,25. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,764 menunjukkan hubungan yang cukup kuat. kemudian nilai koefisien korelasi dengan menggunakan analisis uji hipotesis diperoleh thitung = 6,088 sedangkan ttabel = 2,056.Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa thitung > ttabel, maka berdasarkan kriteria uji H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara penggunaan bahan ajar matematika berbasis blog dengan hasil belajar matematika pada siswa di SMP Negeri 2 Jalaksana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 02:37
Last Modified: 07 Jun 2017 02:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item View Item