PENGARUH PENERAPAN EVALUASI FORMATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KELAS VIII DI MTs KHAS KEMPEK KABUPATEN CIREBON

QUDRIYYATUL MUNAWWAROH, (2012) PENGARUH PENERAPAN EVALUASI FORMATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KELAS VIII DI MTs KHAS KEMPEK KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350104_QUDRIYYATUL M__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

QUDRIYYATUL MUNAWWAROH: “Pengaruh Penerapan Evaluasi Formatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika SISWA PADA Pokok Bahasan Bangun Ruang Kelas VIII DI MTs Khas Kempek Kabupaten Cirebon” Evaluasi dilaksanakan dalam rangka untuk mengukur tentang berhasil atau tidaknya kegiatan atau proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat melalui hasil belajar yang dicapai peserta didik yang menunjukkan keberhasilan pendidik dalam mengelola kegiatan tersebut. Selain itu dengan evaluasi, pendidik dapat mengukur sejauh mana para peserta didik dapat menangkap atau menyerap ilmu yang disampaikan oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan pemahaman matematika setelah diterapkan evaluasi formatif. Serta untuk mengkaji seberapa besar pengaruh penerapan evaluasi formatif terhadap kemampuan pemahaman matematika pada pokok bahasan bangun ruang siswa kelas VIII di MTs Khas Kempek Kabupaten Cirebon. Jenis evaluasi pada penelitian ini adalah evaluasi formatif. Evaluasi formatif merupakan evaluasi yang dilaksanakan ketika program masih berlangsung atau ketika program masih dekat dengan permulaan kegiatan. Tujuan evaluasi formatif tersebut adalah mengetahui seberapa jauh program yang dirancang dapat berlangsung, sekaligus mengidentifikasi hambatan. Penellitian ini mengambil populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Khas Kempek Kabupaten Cirebon, sedangkan pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cluster randon sampling yaitu pengambilan sampel kelas secara acak dan didapat kelas VIII F yang berjumlah 39 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa penerapan evaluasi formatif termasuk dalam kategori cukup yaitu perolehan skor rata – ratanya sebesar 68, 36 dan kemampuan pemahaman matematika termasuk dalam kategori baik yaitu perolehan skor rata – ratanya sebesar 79, 33. Berdasarkan uji statistic pada taraf signifikansi α = 5 % atau 0, 05 diperoleh thitung = 16, 982 dan ttabel = 2, 03 hal ini menunjukkan thitung > ttabel, maka berdasarkan kriteria uji H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penerapan evaluasi formatif terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VIII MTs Khas Kempek Kabupaten Cirebon sebesar 50, 9 % dan sisanya 49, 10 % adalah faktor lain yang mempengaruhi kemampuan pemahaman matematika. Kata Kunci: penerapan evaluasi formatif, kemampuan pemahaman matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 02:44
Last Modified: 07 Jun 2017 01:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item