ANALISIS PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL OPEN-ENDED DAN DISPOSISI TERHADAP KARAKTERNYA

Euis Istiqomah, (2012) ANALISIS PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL OPEN-ENDED DAN DISPOSISI TERHADAP KARAKTERNYA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350105_EUIS ISTIQOMAH_58451015__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Euis Istiqomah. NIM 58451015: “ANALISIS PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL OPEN-ENDED DAN DISPOSISI TERHADAP KARAKTERNYA”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Berdasarkan studi pendahuluan, di SMPN 1 Plered. Didapat siswa memiliki perhatian baik terhadap pembelajaran, mereka sangat aktif dalam pembelajaran. Terlihat pula dari prestasi yang diraih. Begitu pula dengan karakter, jujur, percaya diri, disiplin, maupun kreatif. Ditemukan sebagian besar siswa memiliki karakter yang cenderung positif, Namun rupanya fenomena yang ada, belum cukup untuk menyimpulkan adanya hubungan antara prestasi belajar dan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, seberapa besar prestasi belajar siswa dan dampak karakter yang dimiliki siswa ketika menggunakan model pembelajaran open-ended. Dengan diketahuinya prestasi dan karakter siswa, hal itu dapat dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Masa remaja adalah masa penemuan jati diri yang pas agar bisa diterima di lingkungan. Pada masa ini terjadi kemelut pada siswa, karena banyaknya faktor yang mempengaruhi penetapan karakter untuk dirinya. Lingkungan adalah faktor yang sangat menentukan perkembangan karakter anak. Open-ended adalah salah satu pembelajaran yang menciptakan suasana tertuntu lingkungan lingkungan. Metode yang digunakan yakni eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Desain penelitian yang digunakan adalah one shoot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Dari enam kelas yang ada, diperoleh kelas VIII B sebagai sampel penelitian dengan jumlah siswa 37 orang dan kelas VIII C sebagai kelas untuk uji coba instrumen dengan jumlah siswa 28 orang. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar siswa berdasarkan hasil tes, yaitu: 80,162 yang berarti prestasi belajar siswa sangat baik, dengan frekuensi siswa yang tuntas KKM adalah 95,59%. Artinya hampir seluruh siswa menguasai materi matematika melalui penggunaan model pembelajaran open-ended. Sedangkan presentase karakter siswa berdasarkan hasil angket secara keseluruhan adalah 85,26% yang berarti sangat kuat. Untuk bagian dari karakter, yakni karakter jujur diperoleh 94,86% yang berarti sangat kuat, untuk karakter percaya diri diperoleh 76,60% yang berarti kuat, untuk karakter disiplin diperoleh 86,10% yang berarti sangat kuat, untuk karakter kreatif diperoleh 81,08% yang berarti sangat kuat. Dari analisis tersebut, rupanya karakter yang persentasenya sangat kuat adalah karakter jujur, disiplin dan kreatif. Namun berdasarkan prosentase skor tertinggi karakter adalah pada skor karakter jujur. Sehingga dampak karakter yang paling dominan setelah penggunaan pembelajaran openended adalah karakter jujur. Kata kunci: prestasi belajar, karakter

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 02:48
Last Modified: 06 Jun 2017 03:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item View Item