PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN DENGAN ALAT BANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 PLERED KABUPATEN CIREBON

MOHAMAD AMIRUDIN, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN DENGAN ALAT BANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 PLERED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350106_Mohamad Amirudin__ok.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

MOHAMAD AMIRUDIN: Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Dengan Alat Bantu Macromedia Flash Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 2 Plered Kabupaten Cirebon Pada dasarnya pendidikan merupakan interaksi antara pendidik (guru) dan peserta didik (siswa) untuk mencapai tujuan pendidikan, yang berlangsung dalam lingkungan tertentu. Interaksi tersebut merupakan proses belajar mengajar. Keberhasilan guru menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan siswa. Oleh karena itu diperlukan adanya perantara/media. Salah satu jenis media pembelajaran yang mutakhir adalah multimedia komputer berbasis Macromedia Flash, dengan penggunaan media ini diharapkan hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran dapat diminimalisir dan pada akhirnya hasil belajar siswa dapat dicapai lebih optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji respon siswa terhadap penggunaan multimedia berbasis Macromedia Flash pada pembelajaran matematika, (2) untuk mengkaji konsentrasi belajar siswa yang menggunakan multimedia berbasis Macromedia Flash pada pembelajaran matematika. (3) mengkaji pengaruh penggunaan multimedia berbasis Macromedia Flash sebagai media dalam pembelajaran matematika terhadap konsentrasi belajar siswa. Dengan penggunaan multimedia berbasis Macromedia Flash merupakan salah satu cara untuk membantu proses belajar siswa. Selain itu, media berbasis Macromedia Flash memiliki banyak keunggulan, yaitu memadukan antara media audio, visual dan animasi sehingga dapat menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan lembar pengamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Plered Kabupaten Cirebon yang berjumlah 320 dengan sampel sebanyak satu kelas yang diambil secara purposive sampling. Menurut keterangan dari guru matematika kelas VIII di SMP Negeri 2 Plered Kabupaten Cirebon tersebut sampel yang cocok untuk dilaksanakan penelitian yaitu siswa kelas VIII G karena kelas ini sangat kurang dalam penilaian dari guru-guru di SMP Negeri 2 Plered tentang konsentrasi belajarnya, maka yang ditentukan hanya kelas VIII-G yang berjumlah 46 siswa. Data hasil instrumen kemudian dianalisis dengan menggunakan uji regresi dan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Macromedia Flash terhadap konsentrasi belajar siswa hal ini dilihat dari hasil uji-t thitung= 2,34 ≥ 2,014. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran dengan alat bantu Macromedia Flash terhadap konsentrasi belajar siswa, besarnya pengaruh penggunaan Macromedia Flash terhadap konsentrasi belajar siswa adalah 33,3.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 02:53
Last Modified: 06 Jun 2017 06:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item View Item