HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MAN KALIMUKTI PABEDILAN KABUPATEN CIREBON

SUNARTO, (2012) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MAN KALIMUKTI PABEDILAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350112_SUNARTO__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

SUNARTO : “Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa MAN Kalimukti Pabedilan Kabupaten Cirebon” Dalam proses pembelajaran di Sekolah, sering kali siswa mengalami kesulitan dalam belajar, terutama pada mata pelajaran matematika. Kesulitan belajar ini pernah dirasakan oleh semua siswa dan merupakan masalah yang umum dalam proses pembelajaran. Banyak faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar, bukan hanya disebabkan oleh faktor intelegensi yang rendah (faktor internal), akan tetapi juga faktor-faktor lain di luar intelegensi (faktor eksternal). Selain itu, karakteristik kepribadian (efikasi diri) dan kemampuan individu dalam menghadapi masalah sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efikasi diri siswa MAN Kalimukti kelas X. (2) mengetahui kesulitan belajar matematika siswa MAN Kalimukti kelas X pada pokok bahasan logika matematika. (3) mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara efikasi diri dengan kesulitan belajar matematika pokok bahasan logika matematika di MAN Kalimukti. Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dalam proses belajar yang ditandai oleh adanya hambatan-hambatan dalam mencapai prestasi belajar. Menurut Abu Ahmad dan Widodo Supriyono (2004:78) menjelaskan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar hanya terdiri dari dua faktor, yaitu faktor intern dan ekstern. Salah satu dari banyaknya faktor intern diantaranya adalah efikasi diri. Efikasi diri merupakan keyakinan seseorang terhadap kemampuan mengorganisir dan melakukan suatu tindakan untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Keyakinan akan kemampuan ini meliputi kepercayaan diri, kemampuan menyesuaikan diri, kapasistas kognitif, kecerdasan dan kapasitas bertindak pada situasi yang penuh tekanan. Pada intinya adalah efikasi diri ini merupakan keyakinan seseorang bahwa ia mampu melakukan tugas tertentu dengan baik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MAN Kalimukti kelas X tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 136 siswa. Teknik pngambilan sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan cluster random sampling, didapat sampel kelas X-4 sebagai sampel dengan jumlah 34 siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan metode angket. Skala efikasi diri terdiri dari 15 item valid dengan Cronbach's Alpha 0,914. Skala keesulitan belajar matematika yang terdiri dari 19 item valid Cronbach's Alpha dengan 0, 878. Sedangkan berdasarkan analisis data untuk uji hipotesis menggunakan teknik Product Moment Pearson diperoleh koefisien korelasi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 03:19
Last Modified: 07 Jun 2017 02:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item View Item