PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELAJAR PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN 2 HALIMPU KABUPATEN CIREBON

AAH SARIAH, (2012) PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELAJAR PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN 2 HALIMPU KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AAH SARIAH_14101120002__OK.pdf

Download (997kB) | Preview

Abstract

AAH SARIAH ”PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELAJAR PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN 2 HALIMPU KABUPATEN CIREBON” Proses belajar mengajar merupakan proses komunikasi.Kegiatan belajar mengajar di kelas merupakan suatu komunikasi tersendiri di antara guru dan peserta didiknya bertukar fikiran untuk mengembangkan ide – ide.Namun dalam komunikasi tersebut sering timbul dan terjadi penyimpangan – penyimpangan, sehingga komunikasi tersebut tidak efektif dan efisien yang disebabkan oleh verbalisme,ketidaksiapan peserta didik,kurangnya minat dan kegairahan peserta didik. Salah satu usaha untuk mengatasi keadaan tersebut yaitu penggunaan media secara terintegrasi dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan keserasian dan penerimaan informasi. Dalam hal ini penggunaan media Lembar Kerjai Siswa (LKS) digunakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dengan tujuan untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar, mengingat LKS berpengaruh positif terhadap perolehan prestasi belajar peserta didik.Akan tetapi setelah melihat kenyataan yang ada, ditemukan banyak peserta didik yang kurang memanfa’atkan fungsi LKS dengan baik. Mereka lebih memilih ribut di dalam kelas dan menyalahgunakan LKS dengan saling menyontek. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang penggunaan LKS, data tentang minat belajar serta data tentang pengaruh penggunaan LKS terhadap minat belajar di SDN 2 Halimpu Kabupaten Cirebon. Keberhasilan dalam pelaksanaan pendidikan akan sangat ditentukan oleh faktor-faktor pendidikan antara lain: Tujuan pendidikan, pendidik, anak didik, sarana dan lingkungan. Sehingga apabila sebuah faktor tersebut mendukung, proses pendidikan bisa berjalan lancar dan mencapai hasil yang diharapkan. Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah sarana agar peserta didik dapat belajar secara aktif terlibat dalam kegiatan belajar berfikir aktif dan kritis di dalam kelas maupun diluar kelas dan cara menemukan atau pembuktian untuk membuka cakwarala berfikir peserta didik dalam mengerjakan soal. Melalui LKS guru akan memperoleh kesempatan untuk memancing peserta didik agar secara aktif terlibat dengan materi yang dibahas.ertunda Pengumpulan data dilakukan melalui teknik penyebaran angket (kuesioner). Subjek penelitian adalah peserta didik SDN 2 Halimpu sebanyak 25 responden. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menganalisis data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dengan rumus Koefisien Korelasi Pearson atau Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) di SDN 2 Halimpu Kabupaten Cirebon adalah 28,7 %. Ini berarti bahwa penggunaan LKS dikategorikan “kurang baik”. Sedangkan data minat belajar di SDN 2 Halimpu Kabupaten Cirebon adalah 26,4 %. Ini berarti bahwa minat belajar di SDN 2 Halimpu dikategorikan “ kurang baik”. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh rxy sebesar 0,30. Ini berarti Indeks korelasi yang diperoleh tidak brertanda negatif, yang berarti bahwa korelasi antara Varabel X (Penggunaan Lembar Kerja Siswa) dengan variabel Y(Minat belajar) adalah” rendah”. Dengan kata lain ada korelasi positif antara variable X dengan variabel Y. Artinya kenaikan angka pada penggunaan LKS akan mempengaruhi kenaikan angka pada minat belajar di SDN 2 Halimpu Kabupaten Cirebon.Pengaruh penggunaan LKS dengan minat belajar mencapai 9%. Angka tersebut mengisyaratkan bahwa pengaruh terhadap minat belajar tidak semata – mata dari penggunaan LKS saja, akan tetapi dari pengaruh – pengaruh lain yang sisanya 91% seperti dari: kewibawaan guru, pemilihan metode yang tepat,penggunaan media yang disesuaikan dengan materi yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:16
Last Modified: 05 Jun 2017 07:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item View Item