PENGARUH HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KESEHARIAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 CIAWIGEBANG KECAMATAN CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN

ABDUL GOPUR, (2012) PENGARUH HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KESEHARIAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 CIAWIGEBANG KECAMATAN CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ABDUL GOPUR_07410040__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABDUL GOPUR : Pengaruh Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Keseharian Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Ciawigebang Kabupaten Kuningan Hasil belajar pendidikan agama Islam merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan pembelajaran. Melalui pendidikan agama Islam diharapkan tumbuh perilaku keagamaan pada peserta didik. Namun berdasarkan penelitian yang penulis lakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Ciawi Gebang Kabupaten Kuningan diperoleh sebuah gambaran bahwa pendidikan agama Islam yang diajarkan di Sekolah dalam aspek kognitif sudah mencapai nilai yang baik akan tetapi ini belum bisa ditampilkan dan diterapkan perilaku keagamaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam, pembentukan perilaku keagamaan siswa, dan pengaruh hasil belajar pendidikan agama Islam terhadap pembentukan perilaku keagamaan siswa. Pendidikan agama Islam merupakan suatu pendidikan yang mengajarkan sebuah kebaikan dalam berperilaku yang diletakan di atas dasar kepercayaan kepada Allah SWT. beserta ajaran-ajarannya. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan dalam lembaga pendidikan diharapkan mendapatkan hasil yang optimal, baik hasil berupa pemahaman (kognitif) maupun hasil berupa apektif dan psikomotorik. Untuk menjadikan siswa yang mempunyai kemampuan serta dapat berperilaku yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, penyebaran angket, studi dokumentasi, studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu menganalisis data kualitatif dengan pendekatan logika, dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dengan rumus prosentase dan product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Ciawi Gebang Kabupaten Kuningan adalah cukup, hal ini dilihat dengan rata-rata prosentase 61%, pembentukan perilaku keagamaan siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Ciawi Gebang Kabupaten Kuningan adalah kurang baik, hal ini dilihat dengan rata-rata prosentase 40%, pengaruh hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam terhadap pembentukan perilaku keagamaan siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Ciawi Gebang Kabupaten Kuningan termasuk kategori rendah dengan rhitung sebesar 0,39%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:20
Last Modified: 05 Jun 2017 07:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item