UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PAGIRIKAN III KABUPATEN INDRAMAYU

AHMAD YUNUS, (2012) UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PAGIRIKAN III KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AHMAD Yunus_14101120005__OK.pdf

Download (895kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Pada kenyataannya, pemberian motivasi ini tidaklah mudah dibutuhkan kemampuan dan keterampilan guru dalam memberikan motivasi belajar kepada peserta didik. Sebelum memberikan motivasi belajar, seorang guru seyogyanya memahami terlebih dahulu karakteristik latar belakang kultur dan ekonomi orang tua peserta didik, disamping itu juga guru harus memahami apa yang menjadi motif peserta didik untuk belajar dan lain sebagainya. Sehingga pada akhirnya guru dapat memahami dari aspek mana dia harus memulai memberikan motivasi belajar dan dengan cara apa. Untuk meneliti ada tidaknya pengaruh Upaya Guru PAI dalam memberikan Motivasi terhadap Peningkatan prestasi belajar peserta didik, penulis menetapkan tiga pertanyaan penelitian yaitu 1) Bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa di SDN Pagirikan III Desa Pagirikan Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN Pagirikan III Desa Pagirikan Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu? dan 3)Berapa besar pengaruh upaya Guru PAI dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi siswa di SDN Pagirikan III Desa Pagirikan Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan populasi 151 orang dan sampel 83orang siswa SDN Pagirikan III Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu. berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis melakukan analisis data dengan menggunakan rumus product moment. Kesimpulan yang penulis dapatkan adalah 1)Usaha guru dalam memotivasi belajar siswa di SDN Pagirikan III dapat dinyatakan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya upaya guru yang maksimal dalam melakukan berbagai bentuk kegiatan yang mengarah pada pemberian motivasi kepada peserta didik seperti memberikan tugas PR, menggunakan metode mengajar yang bervariasi, dan guru memberikan perhatian yang maksimal kepada siswa supaya siswa tersebut dapat meningkatkan motivasi belajarnya dalam bentuk reward dan punishment. 2) Realitas prestasi siswa di SDN Pagirikan III Kecamatan Pasekan secara umum cukup baik hal ini dilihat dari nilai raport bidang studi PAI semester 1 memperoleh rata-rata 6,90. 3) Usaha guru dalam memotivasi belajar siswa secara objektif cukup berpengaruh terhadap prestasi PAI siswa. Hal itu terbukti dari perhitungan korelasi variabel x dan variabel y adalah memperoleh angka 0,68. Angka tersebut dapat presentasikan menjadi 26,68 yang berarti bahwa besarnya pengaruh variable upaya guru dalam memberikan motivasi terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran PAI adalah sebesar 26,68%. Dengan demikian, masih ada sekitar 73,32% factor lainnya yang dapat mempengaruhi besarnya prestasi mata pelajaran PAI selain upaya- upaya yang dilakukan guru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:25
Last Modified: 06 Jun 2017 01:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1052

Actions (login required)

View Item View Item