PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI I BABAKAN KECAMATAN BABAKAN KABUPATEN CIREBON

AKHMAD SYAHRI, (2012) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI I BABAKAN KECAMATAN BABAKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AKHMAD SYAHRI_58410339__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

AKHMAD SYAHRI : “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Babakan Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon” Kemampuan pengelolaan pembelajaran peserta didik atau sekarang disebut kompetensi pedagogik harus dimiliki oleh semua guru, atau calon guru dalam mengemban tugasnya agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien serta mencapai hasil yang diharapkan. Agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, serta mencapai hasil yang diinginkan, diperlukan kegiatan manajemen sistem pembelajaran, sebagai keseluruhan proses untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif dan efisien pula. Dengan demikian, maka siswa akan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar dengan sungguh-sungguh sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien serta dapat menghasilkan prestasi belajar yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian pendidikan dalam skripsi ini bertujuan untuk memperoleh informasi objektif mengenai Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam, untuk mengetahui Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Babakan Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan deskriptif analisis. Pertama, Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islamdan kedua, Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Babakan Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon, dengan teknik pengambilan Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara (1) Angket, (2) Observasi, (3) Wawancara (4) Study Dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Kemudian setelah itu hasil angket tentang Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dan Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, lalu untuk mengetahui Pengaruh kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, data dianalisis dengan menggunakan Rumus Keberpengaruhan dan koefisien korelasi Product Moment. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan tingkat korelasi kedua variabel tersebut. 2 Dari hasil perhitungan diperoleh pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa sebesar 34, 39 %, dengan angka korelasi sebesar 0,81 dan dengan df sebesar 35 diperoleh r tabel pada taraf 5% signifikan sebesar 0,325; sedangkan pada taraf 1% diperoleh r tabel sebesar 0,418. ternyata rxy atau ro (0,808) adalah lebih besar dari pada r tabel (yang besarnya 0,325 dan 0,418). Karena rxy atau rolebih besar dari r tabel, maka hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nihil(Ho) ditolak. Berarti terdapat kolerasi/pengaruh yang tinggi antara variabel X dan variabel Y.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:33
Last Modified: 05 Jun 2017 07:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item View Item