PERAN SERTA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 1 KANCI KULON KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

ALVI JAZILAH, (2012) PERAN SERTA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 1 KANCI KULON KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ALVI JAZILAH_50540310__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ALVI JAZILAH : Peran Serta Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri I Kanci Kulori Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Orang tua sebagai peran utama, wajib bertanggungjawab atas pendidikan dan pemeliharaan bagi anaknya dan sekaligus sebagai peningkatan prestasi belajar, semua itu tergantung kepada orang tua dalam memberikan perhatian terhadap kegiatan belajar anak terutama ketika berada di rumah. Penulis ingin mengetahui bagaimana peran serta orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bidang studi PAI di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Kanci Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian dalam skripsi mi adalah untuk memperoleh data tentang peran serta orang tua siswa dalam meningkatkan prestasi belajar anak dalam bidang studi PAl, untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa dalam bidang studi PAl, untuk memperoleh data tentang dampak peran serta orang tua dan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAl dan SD Negeri 1 Kanci Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Kerangka pemikiran dalam penelitian mi membahas tentang peran serta orang tua siswa dalam meningkatkan prestasi belajar anak dalam bidang studi PAI. Orang tua yang sadar akan pentingnya prestasi belajar sudah barang tentu akan berusaha memenuhi setiap kebutuhan yang diperlukan siswa dalam kegiatan belajar, baik yang berupa sarana, bahan dan alat pelajaran maupun dorongan, nasehat, saran dan informasi yang diperlukan siswa, sehingga memungkinkan dapat meningkatkan prestasi belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik, observasi, wawancara, angket. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan perhitungan prosentase dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data, penulis dapat menarik beberapa kesimpulan yaitu: (1) Peran serta orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang Pendidikan Agama Islam di SDN I Kanci Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon ini cukup baik. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan yang secara kumulatif menunjukan nilai sebesar nilai 58,1% dan kriteria yang telah ditetapkan dan hal mi termasuk pada kategori cukup baik; (2) Hasil prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Kanci Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon ini cukup baik. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan yang secara kumulatif menunjukan nilai sebesar nilai rata-rata 70 dan kriteria yang telah ditetapkan dan hal mi termasuk pada kategori cukup baik; (3) Hubungan peran serta orang tua dan prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Kanci Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon ini sedang atau cukup. Hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan yang secara kumulatif menunjukan nilai sebesar nilai 0,549 berada dalam kategori sedang atau cukup.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:39
Last Modified: 05 Jun 2017 07:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item View Item