PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL HUDA DESA MUNJUL KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

AMIR ABDUL MALIK, (2012) PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL HUDA DESA MUNJUL KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AMIR ABDUL MALIK_06410873___ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

AMIR ABDUL MALIK : Dalam tataran praktis pelaksanaan pembelajaran di sekolah, guru berada di garis paling depan. Sehingga guru turut andil besar dalam memajukan sekolah. Namun kerap kali guru mengabaikan kewajiban mempersiapkan pembelajaran dalam bentuk RPP dan administrasi mengajar lainnya yang merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam perannya sebagai supervisor kepala sekolah harus memberikan pengawasan dan bimbingan kepada para guru demi meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dalam mewujudkan peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang: 1) Kegiatan supervisi yang dilakukan Kepala MTs Nurul Huda terhadap para gurunya. 2) Kualitas pembelajaran di MTs Nurul Huda Munjul. 3) Pengaruh supervisi/pembinaan Kepala MTs Nurul Huda terhadap para gurunya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu fungsi manajerial Kepala Madrasah adalah melakukan supervisi terhadap persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Sebagai tenaga pendidik professional, guru harus melakukan pengembangan-pengembangan terhadap RPP dan Silabus agar lebih relevan dengan kebutuhan pembelajaran. Guru juga merupakan salah satu faktor penentu mutu hasil pendidikan, oleh karenanya diperlukan pelaksanaan supervisi yang baik agar tugas dan tanggung jawab guru terlaksana dengan baik pula. Bantuan terhadap guru dapat diberikan melalui kegiatan supervisi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik-teknik sebagai berikut: observasi, wawancara, dokumentasi, angket, instrumen penelitian dan studi kepustakaan. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase, uji korelasi, uji hipotesis, dan uji kadar pengaruh. Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs “Nurul-Huda” Munjul tergolong baik, yaitu 87,60% berada pada interval 75%-100%. Kualitas pembelajaran di MTs “Nurul-Huda” Desa Munjul tergolong baik, yaitu 77,93% berada pada interval 75%-100%. Pengaruh kepala sekolah sebagai supervisor terhadap peningkatan kualitas pembelajaran MTs Nurul Huda termasuk dalam kategori cukup kuat, hal ini ditunjukkan dari korelasi sebesar 0,551 berada pada skala interval 0,400– 0,599. Dan dilihat dari r hitung sebesar 0,551 > r tabel sebesar 0,329 dengan N = 36 pada taraf signifikansi 5% menunjukkan adanya pengaruh positif yang cukup signifikan. Dan besarnya peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah 30,36%, sedangkan sisanya, yaitu 69,64% ditentukan oleh faktor lain. “PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL HUDA MUNJUL ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:42
Last Modified: 06 Jun 2017 01:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item View Item