EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE RESITASI DAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 4 KOTA CIREBON

Badrudin, (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE RESITASI DAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 4 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
BADRUDIN_58410390__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Badrudin (58410390) “Efektivitas Penggunaan Metode Resitasi Dan Metode Drill Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al Qur’an Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Kota Cirebon.” Pembelajaran masih berpusat pada seorang guru. Dalam permasalahan yang ada dilapangan penelitian menemukan ketidak jelasan antara metode resitasi dan metode drill berdasarkan teori dapat meningkatkan keterampilan tetapi dilapangan siswa pasif dan kurang lancar dan benar dalam membaca Al Qur’an. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan membaca Al Qur’an adalah metode resitasi dan metode drill, dalam pembelajaran sub pokok bahasan Hewan sebagai sumber makanan, peneliti menerapkan pembelajaran dengan metode resitasi dan metode drill. Tujuan dari penerapan pembelajaran yaitu siswa terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga suasana hidup dalam proses pembelajaran, siswa menjadi aktif, dapat memecahkan masalah, tumbuh kepercayaan diri yang lebih pada siswa, untuk berpendapat memecahkan masalah, terampil dalam membaca Al Qur’an dan memahami isi kandungannya. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Kota Cirebon kecamatan Kesambi Kabupaten Cirebon, subyek penelitian ini berjumlah 45 orang, karena dalam penelitian ini peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Pengumpulan data dilakukan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan angket. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari 3 siklius dengan materi yang sama, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk analisis data kualitatif dan kuantitatif digunakan angket penilaian afektif serta psikomotor, serta tes. Kesimpulan peneliti menggunakan metode resitasi nilai rata-rata pre test 50,68 menjadi 70 meningkat 38,12 %. Sedangkat post test pada siklus I 60,57 dan pada siklus III 75,78 atau meningkat 25,11 %. Sedangkan yang menggunakan metode drill pada siklus I rata-rata pre test 50,90 dan pada siklus III rata-rata nilai 70 menigkat 37,52 %, sedangkan post test pada siklus I 56,81 dan pada siklus III sebesar 76,81 atau meningkat 35,20 %. Siklus II m mengggunakan metode resitasi nilai rata-rata pre test 61,44 pada siklus III 70 meningkat 13,93% sedangkan post test pada siklus II 67 dan pada siklus III 75,78 meningkat 13,10 %. Sedangkan siswa yang menggunakan metode drill pada siklus II rata-rata pre test 58,18 sedangkan pada siklus III sebesar 70 atau meningkat 20, 31 %, sedangkan post test pada siklus II 69,31 dan pada siklus III 76,81 atau meningkat 10,82.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:52
Last Modified: 06 Jun 2017 02:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1059

Actions (login required)

View Item View Item