PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TILAWATIL QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA(SMP) NEGERI 12 KOTA CIREBON

BADRUN HARISAH, (2012) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TILAWATIL QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA(SMP) NEGERI 12 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
BADRUN HARISAH_58410391__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

BADRUN HARISAH : “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Tilawatil Qur’an TerhadapKemampuan Baca al-Qur’an Siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kota Cirebon “ Kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an adalah kegiatan yang dilaksanakan diluar kegiatan belajar mengajar di sekolah.Kegiatan tilawatil Qur’an ini dilakukan untuk meperluas pengetahuan murid tentang pelajaran al-Qur’an dan mengembangkan nilai-nilai atau sikap siswa, serta menetapkan secara lebih lanjut pengetahuan tentang al-Qur’an yang dipelajari siswa.Kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran siswaakan membaca al-Qur’an, karena kesadaran membaca itu tidak timbul secara spontan atau tibatiba melainkan dipengaruhi factor internal dan eksternal. Factor internal yaitu ketertarikan siswa yang timbul dari diri sendiri, dan factor eksternal yaitu ketertarikan yang dipengaruhioleh keadaan lingkungan yang ada disekitarnya, salah satu dari factor eksternal yaitu kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an, kemampuan baca al-Qur’an siswa dan mencari data tentang pengaruh kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an terhadap kemampuan baca al-Qur’an siswa. Penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an yang dilakukan dengan maksimal dan efektif akan memberikan kontribusi terhadap kemampuan baca al-Qur’an siswa, karena dengan adanya kegiatan tilawatil Qur’an ini bisa meperluas pengetahuan siswa tentang pelajaran al-Qur’an khususnya dalam hal baca al-Qur’an agar lebih baik dan benar sesuai dengan qoidah ilmu tajwid. Pengumpulan data dilakukanmelaluitekhnikobservasi, wawancara, penyebaranangketdanstudidekumentasi.Tekhnikanalisis data dilakukandenganduacara yaitu menganalisis data kualitatif dengan pendekatan logika, dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dengan rumus persentase dan produk moment. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkan, bahwa: 1. pelaksanaan kegiatan ekstrakurikulertilawatil Qur’anmenurut respon siswa di kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Cirebon sudah tergolong katagori baik, hal ini dibuktikan dengan rata-rata persentase 62,96%, 2. Kemampuan baca al-Qur’ansudah tergolong baik, terbukti dari hasil ulangan praktik baca al-Qur’an tahun ajaran 2011/2012 nilai rata-rata mencapai 77 tergolong baik. Dengandemikianjelaslahbahwakemampuanbaca al-Qur’an siswadikelas VIII SMP Negeri 12 Kota Cirebon baik.3.Pengaruh kegiatan ekstrakurikulertilawatil Qur’an terhadapkemampuanbaca al-Qur’an siswadikelas VIII SMP Negeri 12 Kota Cirebon tergolong katagori tinggi dengan nilai 0,86 pada standar penelitiankorelasiproduct moment berada pada jarak 0,800 – 1,000.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 05:17
Last Modified: 06 Jun 2017 02:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item View Item