PEMILIHAN TEMAN SEBAYA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI I KOTA CIREBON

EEN NURAENI, (2012) PEMILIHAN TEMAN SEBAYA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI I KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
EEN NURAENI_07419051__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

EEN NURAENI : PEMILIHAN TEMAN SEBAYA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI I KOTA CIREBON Salah satu yang mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa MTs Negeri I Kota Cirebon adalah pemilihan teman sebaya. Pemilihan teman sebaya dapat berdampak pada hasil yang akan didapat oleh siswa. Tetapi pada kenyataannya bahwa tidak semua anak akan mendapatkan hasil yang buruk ketika memilih teman yang tidak memiliki prestasi yang baik, begitu juga tidak semua anak bisa mendapatkan hasil yang baik ketika berteman dengan anak yang memiliki prestasi yang baik. Penelitian yang dilakukan di MTs Negeri Cirebon I Kota Cirebon bertujuan untuk memperoleh data tentang pemilihan teman sebaya siswa MTs Negeri I Kota Cirebon, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dan pengaruh pemilihan teman sebaya terhadap perolehan prestasi pada mata pelajaran akidah akhlak. Teman sebaya dapat diartikan dengan sahabat atau teman yang seumuran , pemilihan teman sebaya adalah bagaimana siswa memilih teman yang menjadi sahabatnya dalam lingkungan sekolah, seperti memilih teman yang dapat memotivasinya dalam belajar, pemilihan ini dimaksudkan agar siswa tidak masuk pada pergaulan yang salah. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik-teknik sebagai berikut : (1) teknik pengumpulan data. Adapun teknik-tekniknya adalah; a. observasi, b. wawancara, c. Penyebaran angket kepada siswa yang dijadikan sampel sebanyak 40 siswa kelas VIII B, d. dokumentasi. (2) Menggunakan rumus prosentase dan (3) untuk mengetahui pengaruh antara variabel x dan variabel y, maka digunakan rumus korelasi pearson product moment (PPM). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : 1). Terdapat korelasi yang rendah antara pemilihan teman sebaya dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Hal ini dibuktikan dengan nilai t sebesar 0.203, harga t tersebut dibandingkan dengan r tabel dengan α = 0,05 dan dk= 40 yaitu 0.304. Dengan demikian harga r hitung lebih besar dari r tabel (0.203 > 0.304) artinya Ho diterima dan Ha ditolak. 2). Siswa kelas VIII B memiliki prestasi yang baik yaitu rata-rata 75.25 dari kkm 70. 3). Pengaruh perolehan prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII B di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri I Kota Cirebon antara lain: (1). Banyak siswa MTs yang selalu belajar/mempelajari kembali pelajaran yang di sampaikan guru, (2). Proses pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak, hampir setiap siswa mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan rajin.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 05:35
Last Modified: 06 Jun 2017 03:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item