PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) GARAWANGI KECAMATAN GARAWANGI KABUPATEN KUNINGAN

EMMA SITI FATIMAH, (2012) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) GARAWANGI KECAMATAN GARAWANGI KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
EMMA SITI FATIMAH_07410010__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

EMMA SITI FATIMAH : “Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Garawangi Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan ” Disiplin merupakan perilaku dan tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan atau perilaku yang diperoleh dari perlahan dan pengawasan yang berguna untuk memberi motivasi anak didik agar menerima tanggung jawab mengubah perilaku mereka serta dapat membantu mengembangkan tenggang rasa terhadap orang lain. Di MTs Negeri Garawangi disiplin belajar berkaitan erat dengan bidang studi Aqidah Akhlak karena pelajaran ini menekan pada kebiasaan siswa untuk berperilaku baik, patuh, tertib dan mengendalikan diri. Hal ini sudah berjalan sebagaimana mestinya, tetapi masih ada siswa yang melakukan pelanggaran seperti datang dikelas terlambat, lemah berprestasi dalam belajar dan malas untuk mengerjakan PR. Akibat nya siswa tersebut menghasilkan prestasi kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang disiplin belajar siswa. Prestasi belajar siswa pada bidang Aqidah Akhlak di MTs Negeri Garawangi dan korelasi antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran bahwa disiplin merupakan salah satu faktor penting dalam pendidikan yang berperan dalam mempengaruhi mendorong, mengubah dan membentuk perilaku-perilaku tertentu sesuai dengan nilai-nilai yang ditanamkan di sekolah yang baik akan mendorong/motivasi siswa untuk bersaing meraih prestasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik : observasi, wawancara, studi dokumentasi dan penyebaran angket. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Setelah sebelumnya melawati tahapan skorsing dan analisis prosentase. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: pertama, disiplin belajar di MTs Negeri Garawangi dikategorikan baik (69,99%). Kedua, prestasi belajar siswa bidang studi aqidah akhlak di MTs Negeri Garawangi dengan nilai rata-rata 72,7%. Dengan kategori baik. Ketiga, ada pengaruh yang positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi aqidah akhlak mencapai 0,72 yang terletak jarak 0,60-0,80 yang berarti termasuk dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 05:44
Last Modified: 06 Jun 2017 03:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1067

Actions (login required)

View Item View Item