HUBUNGAN KOMPETENSI PAEDAGOGIS GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DARUL MASHOLEH KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON (Kajian Kompetensi Paedagogis Guru pada Aspek Evaluasi Hasil Belajar)

FITRIA DEWI, (2012) HUBUNGAN KOMPETENSI PAEDAGOGIS GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DARUL MASHOLEH KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON (Kajian Kompetensi Paedagogis Guru pada Aspek Evaluasi Hasil Belajar). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FITRIA DEWI_07410013__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

FITRIA DEWI (07410013), Hubungan Kompetensi Paedagogis Guru Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII Madrasah Tsnawiyah (MTs) Darul Masholeh Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon (Kajian Kompetensi Paedagogis Guru pada Aspek Evaluasi Hasil Belajar.) Kompetensi paedagogis merupakan salah satu kemampuan guru yang memfokuskan pada kompetensi tertentu berupa pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Sentuhan kompetensi paedagogis guru akan mendorong siswa dalam pencapaian hasil belajarnya. Akan tetapi kenyataannya, walaupun guru telah memiliki kompetensi paedagogis, hasil belajar Ulangan Tengah Semester (UTS) Pertama pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VII MTs Darul Masholeh belum optimal. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui kompetensi paedagogis guru Akidah Akhlak pada aspek evaluasi hasil belajar, untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan untuk mengetahui hubungan kompetensi paedagogis guru pada aspek evaluasi hasil belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTs Darul Masholeh Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini membahas tentang kompetensi paedagogis guru. Kompetensi paedagogis merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran salah satunya dalam melakukan evaluasi hasil belajar. Kemampuan guru dalam melakukan evaluasi hasil belajar ini diarahkan dapat mendorong peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi dan penyebaran angket. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan perhitungan prosentase, korelasi Product Moment dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data, penulis dapat menarik beberapa kesimpulan, yaitu: (1) kompetensi paedagogis guru akidah akhlak pada aspek evaluasi hasil belajar di MTs Darul Masholeh Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon ini sudah baik. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan yang secara kumulatif menunjukkan nilai sebesar nilai 88,43 % dari kriteria yang telah ditetapkan dan hal ini termasuk pada kategori baik; (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Darul Masholeh Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon ini sudah baik. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan yang secara kumulatif menunjukkan nilai sebesar nilai 72,45 dari kriteria yang telah ditetapkan dan hal ini termasuk pada kategori baik; (3) kompetensi paedagogis guru pada aspek evaluasi hasil belajar memiliki hubungan yang sedang atau cukup dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTs Darul Masholeh Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Hal ini berdasarkan perolehan nilai rxy yang mencapai nilai sebesar 0,44; dimana nilai tersebut terletak diantara rentang 0,40 - 0,599 berada pada Interpretasi Korelasi yang sedang atau cukup.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 06:11
Last Modified: 06 Jun 2017 04:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1074

Actions (login required)

View Item View Item