PENGARUH PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-MUNAWWAROH KECAMATAN PABEDILAN KABUPATEN CIREBON

HAFIFAH SITA DEWI, (2012) PENGARUH PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-MUNAWWAROH KECAMATAN PABEDILAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HAFIFAH SITA DEWI_07410015__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

HAFIFAH SITA DEWI: Pengaruh Pendidikan Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Munawwaroh Pabedilan Kabupaten Cirebon Pendidikan bidang studi Aqidah Akhlak pada dasarnya dimaksudkan untuk membentuk perilaku siswa yang baik dan terpuji. Yaitu untuk mewujudkan manusia yang rajin beribadah, jujur, disiplin, toleransi, bertanggung jawab, menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta menciptakan suasana yang damai dan tentram. Tapi pada kenyataan yang ada di lapangan peserta didik masih belum memiliki sifat terpuji. Penelitian ini bertujuan Untuk memperoleh data tentang proses pendidikan Aqidah Akhlak, perilaku sosial siswa setelah mengikuti pendidikan Aqidah Akhlak dan pengaruh pendidikan Aqidah Akhlak terhadap perilaku sosial siswa setelah mengikuti pendidikan Aqidah Akhlak. Penelitian ini dilandasi oleh pemikiran bahwa manusia sebagai makhluk sosial, senantiasa berhubungan dengan manusia lainnya dalam masyarakat. Sosialisasi pada dasarnya merupakan proses penyesuaian diri terhadap kehidupan sosial, yaitu bagaimana seharusnya seseorang hidup di dalam kelompoknya, baik dalam kelompok primer (keluarga) maupun kelompok sekunder (masyarakat). Proses sosialisasi dan interaksi sosial dimulai sejak manusia lahir dan berlangsung terus hingga ia dewasa atau tua. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, penyebaran angket, studi dokumentasi, studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu menganalisis data kualitatif dengan pendekatan logika, dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dengan rumus prosentase dan product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1. Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat disimpulkan bahwa proses pendidikan Aqidah Akhlak di MTs Al-Munawwaroh Pabedilan Kabupaten Cirebon dalam ketegori baik dengan skor terbesar 78,27% karena berada pada rentangan prosentase keberpengaruhan 76% - 100%, 2. Perilaku sosial siswa di MTs Al-Munawwaroh Pabedilan Kabupaten Cirebon dengan indikasi dinilai dalam kategori baik 88,78%. Dengan kata lain perilaku sosial siswa banyak dipengaruhi pola pergaulan yang melingkupi kehidupan di luarnya, 3. Pengaruh proses pendidikan Aqidah Akhlak terhadap perilaku sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Munawwaroh Pabedilan Kabupaten Cirebon termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan koefisien korelasi dengan nilai 0,21 yang berada pada rentangan 0,20-0,40.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 06:14
Last Modified: 06 Jun 2017 04:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item