HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT BERJAMA’AH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAMIYAH WERU KABUPATEN CIREBON

IMA MELATI, (2012) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT BERJAMA’AH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAMIYAH WERU KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IMA MELATI_07410485__OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

IMA MELATI: Hubungan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Kedisiplinan Melaksanakan Ibadah Shalat Berjama’ah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islamiyah Weru Kabupaten Cirebon Keberhasilan suatu pendidikan dapat dilihat dari hasil prestasinya, dan untuk mengukurnya diperlukan evaluasi. Berhasil atau tidaknya pendidikan di sekolah juga banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan dari pada anak didik itu sendiri. Lingkungan dapat memberikan pengaruh yang positif maupun yang negatif terhadap pertumbuhan jiwanya, dalam sikapnya, maupun dalam agamanya. Kedisiplinan dalam melaksanakan ibadah shalat fardlu berjama‟ah yang di selenggarakan di sekolah, merupakan salah satu program kegiatan keagamaan yang di harapkan terwujudnya suatu perubahan bagi siswa, setelah mengkuti proses belajar mengajar. Selain itu, juga merupakan salah satu bentuk penilaian yang dilakukan guru PAI, dalam upaya memberikan nilai tambah bagi prestasi belajarnya. Siswa yang disiplin (selalu) mengikuti shalat fardlu berjamaah, maka kegiatan belajarnya akan meningkat sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar PAI di SMP Islamiyah Weru, untuk mengetahui kedisiplinan melaksanakan ibadah shalat fardlu berjama‟ah di SMP Islamiyah Weru, dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara prestasi belajar PAI dengan kedisiplinan melaksanakan ibadah shalat fardlu berjama‟ah di SMP Islamiyah Weru. Prestasi belajar PAI akan baik apabila ketiga ruang lingkup penilaian PAI berjalan dengan baik dan dicapai seluruhnya oleh anak didik, tiga ruang lingkup penilaian PAI tersebut adalah kognitif, afektif dan psikomotorik. Nilai psikomotorik di dominasi materi ibadah siswa merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan prestasi belajar PAI, kegiatan ibadah tersebut mencakup kegiatan ibadah di sekolah, keluarga, masyarakat. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan field research dengan melakukan studi lapangan, instrumen penelitian dalam skripsi adalah berupa observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi: data di analisis dengan menggunakan rumus prosentase dan korelasi produk moment. Hubungan Prestasi Belajar Siswa dengan Kedisiplinan Siswa dalam Melaksanakan Shalat Berama‟ah di SMP Islamiyah Weru kategori cukup dengan rhitung sebesar 0,40. Hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara Korelasi Antara Prestasi Belajar Siswa dengan Kedisiplinan Siswa dalam Melaksanakan Shalat Jamaah di SMP Islamiyah sebesar 16%. Angka tersebut mengisyaratkan bahwa pengaruh terhadap Siswa dalam Melaksanakan Shalat Jamaah tidak semata-mata dari prestasi belajar siswa. Tetapi dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 84% seperti peraturan sekolah dan faktor lingkungan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 06:21
Last Modified: 06 Jun 2017 04:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1077

Actions (login required)

View Item View Item