HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL WASHLIYAH SUMBER KABUPATEN CIREBON

Irfan Sukmajati, (2012) HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL WASHLIYAH SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Irfan Sukmajati_58410373__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Irfan Sukmajati (58410373) : “Hubungan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Washliyah Sumber Kabupaten Cirebon” Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama yang diketahui anak. Orang tua sebagai pendidik pertama memegang peranan penting dan tanggungjawab yang sangat besar terhadap pendidikan anak-anaknya. Ada dua jalur pendidikan yang bisa diperoleh, yaitu pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekolah. Pendidikan luar sekolah yaitu pendidikan yang diterima oleh anak di lingkungan keluarga. Dari dalam keluargalah anak pertama kali mendapatkan pendidikan dari orang tuanya dalam kehidupan sehari-hari, sebelum si anak mengenal pendidikan sekolah Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang latar belakang pendidikan orang tua siswa, prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam dan hubungan latar belakang pendidikan keluarga dengan prestasi belajar siswa di SMP Al Washliyah Sumber Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa latar belakang pendidikan orang tua siswa akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, karena keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertamakali ditemui anak dan sebagai fondasi dalam menerima pendidikan selanjutnya. Langkah-langkah penelitian ini adalah dengan menelaah buku-buku ilmiah serta mengadakan studi langsung ke lapangan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik-teknik antara lain: observasi, wawancara, penyebaran angket dan studi dokumentasi. Kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa latar belakang pendidikan orang tua memiliki nilai rata-rata sebesar 3,2 yang berarti latar belakang pendidikan keluarga berada pada kategori cukup. Sedangkan prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam memiliki nilai rata-rata sebesar 86,5, dan koefisien korelasi latar belakang pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Al Washliyah Sumber menunjukkan korelasi 0,62 yang jika diinterpretasikan berada pada interval 0,40 – 0,70 artinya terdapat korelasi termasuk kategori cukup. Diperoleh juga indeks determinasi sebesar 38,4 %. Artinya 38,4 % prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan orang tua siswa dan 61,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti tingkat intelegensi siswa, kompetensi guru, kedisiplinan belajar dan lain-lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 06:24
Last Modified: 06 Jun 2017 05:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1078

Actions (login required)

View Item View Item