PEROLEHAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERUBAHAN PERILAKU BERIBADAH SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ASSUNIYAH LOSARI KABUPATEN CIREBON

KAMILATUN NISA, (2012) PEROLEHAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERUBAHAN PERILAKU BERIBADAH SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ASSUNIYAH LOSARI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
KAMILATUN NISA_07410137___OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

KAMILATUN NISA : “PEROLEHAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERUBAHAN PERILAKU BERIBADAH SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ASSUNIYAH LOSARI KABUPATEN CIREBON”. Untuk mewujudkan manusia yang beriman dan bertaqwa salah satunya adalah melalui kegiatan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diterapkan di lembaga pendidikan sekolah. Maka, Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah salah satu mata pelajaran yang harus diikuti oleh seluruh siswa di lembaga pendidikan sekolah. Dengan Pendidikan Agama Islam (PAI) akan tumbuh sikap kecintaan dirinya terhadap pengamalan ajaran agama dan kecintaan dirinya terhadaphak dan kewajiban dirinya dengan orang lain. Begitu halnya terhadap agama yang menjadi pegangan dasar hidupnya. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh data tentang perolehan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Assuniyah Losari Kabupaten Cirebon, menjelaskan perubahan perilaku beribadah siswa kelas VII SMP Assuniyah serta untuk membuktikan seberapa besar hubungan antara perolehan prestasi belajar PAI dengan perubahan perilaku beribadah siswa SMP Assuniyah Losari Kabupaten Cirebon. Pembinaan keagamaan dalam rangka pembentukan kepribadian muslim melalui lembaga pendidikan (sekolah/madrasah) dapat dilaksanakan melalui pembiasaan, yaitu membiasakan anak untuk melakukan ibadah yang ada hubungannya dengan waktu sekolah, seperti melaksanakan shalat berjama’ah, melaksanakan ibadah puasa dan sebagainya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik-teknik sebagai berikut: observasi, wawancara, dokumentasi, angket, instrumen penelitian dan studi kepustakaan. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase, uji korelasi, uji hipotesis, dan uji kadar pengaruh. Hasil penelitian ini adalah perolehan prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Assuniyah Losari Kabupaten Cirebon yaitu 78, 58 dan termasuk kategori Baik karena terletak pada rentang 75%-100%, perubahan perilaku beribadah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Assuniyah Losari Kabupaten Cirebon siswa menjawab option Kadang-kadang 63,90% dan termasuk kategori Cukup, dan hasil uji hipotesis dimana thitung lebih besar dari ttabel, atau 0,698 > 0,325. Ternyata rxy(yang besarnya 0,698) adalah lebih besar dari pada rtabel 5% (0,325), maka Ha diterima dan HO ditolak. Artinya terdapat pengaruh perolehan prestasi belajar pada bidang studi PAI terhadap perubahan perilaku beribadah siswa sebesar sebesar 48,72 dan sisanya 51,28 dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 06:35
Last Modified: 06 Jun 2017 06:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item