PENGARUH PEMBIMBINGAN KEAGAMAAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) HARAPAN KITA KOTA CIREBON

Mandiri Puji Astuti, (2012) PENGARUH PEMBIMBINGAN KEAGAMAAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) HARAPAN KITA KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MANDIRI PUJI ASTUTI_06410247___OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mandiri Puji Astuti : Pengaruh Pembimbingan Keagamaan Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama (SMP) “Harapan Kita” Kota Cirebon . Penelitian ini menyangkut menyeluruh di SMP Harapan Kita Kota Cirebon, yakni adanya kesenjangan antara keadaan orang tua siswa Sekolah Menengah Pertama Harapan Kita Kota Cirebon dengan keadaan siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan di masyarakat jadi berkurang yang mengakibatkan rendahnya prestasi belajar mereka pada pelajaran PAI di sekolah. Guru agama merupakan salah satu sosok manusia yang andil dalam merubah tingkah laku siswa dalam hubungan antar sesama. Oleh karena itu guru agama memiliki arti dan peranan yang sangat penting dalam membina dan mengarahkan siswa-siswanya dalam tingkah laku yang sesuai dengan ajaran-ajaran agama islam sekaligus sebagai bentuk pengalaman nilai pendidikan agama islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang Pengaruh pembimbingan keagamaan Orangtua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Harapan Kita Lemahwungkuk Kota Cirebon. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada kerangka berpikir bahwa, seseorang yang belajar dengan disertai intensitas atau usaha semangat yang tinggi akan menunjukkan hasil yang baik, sehingga hipotesis yang diajukan adalah “semakin tinggi intensitas orang tua dalam pelajaran agama, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI”. Dengan pula sebaliknya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan dan analisis datanya digunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi dan penyebaran angket. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus product moment. Setelah sebelumnya melawati tahapan scoring dan analisis prosentase. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembimbingan keagamaan orang tua diperoleh 65% menunjukan korelasi positif kualifikasi tinggi dan realitas prestasi siswa pada mata pelajaran PAI 55% lebih dari setengahnya memberikan jawaban dengan kualifikasi baik.Sedangkan dari hasil prestasi belajar siswa dengan intensitas orang tua hal ini dilihat dari angka korelasi yang diperoleh sebesar 0,44 yang menurut kategori berarti terdapat korelasi yang cukup.Dengan demikian prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI memiliki nilai pengaruh yang cukup yang ada di Sekolah Menengah Pertama Harapan Kita Kota Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 06:57
Last Modified: 07 Jun 2017 03:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item