PENGARUH DISIPLIN GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) SATU ATAP (SA) DARURROHMAN DUSUN DEDALI DESA KAPETAKAN KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON

Maskanah, (2012) PENGARUH DISIPLIN GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) SATU ATAP (SA) DARURROHMAN DUSUN DEDALI DESA KAPETAKAN KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MASKANAH_07410102___OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maskanah : “Pengaruh Disiplin Guru Aqidah Akhlak Terhadap Disiplin Belajar Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Satu Atap (SA) Darurrohman Dusun Dedali Desa Kapetakan Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon”. kedisiplinan seorang guru akan tercermin dari sikapnya dalam menindaklanjuti tugas-tugas yang diberikan kepada siswa dalam melaksanakan tugas serta amanat yang diembannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) memperoleh data tentang disiplin guru aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Satu Atap (SA) Darurrohman Dusun Dedali Desa Kapetakan Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. 2) Memperoleh data tentang disiplin belajar pada pembelajaran aqidah akhlak siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Satu Atap (SA) Darurrohman Dusun Dedali Desa Kapetakan Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. 3) Memperoleh data tentang Pengaruh disiplin guru terhadap disiplin belajar pada pembelajaran aqidah akhlak siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Satu Atap (SA) Darurrohman Dusun Dedali Desa Kapetakan Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Profesi guru pada saat ini masih banyak dibicarakan orang, baik dikalangan pelaku pendidikan maupun diluar pakar pendidikan. Pembicara para pakar maupun masyarakat terhadap profesi guru sifatnya tidak hanya berhubungan dengan sifat yang menyangkut kepentingan umum tetapi pada hal-hal yang sifatnya pribadi, termasuk didalamnya berkaitan dengan masalah kedidisiplinan seorang guru. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, serta mengadakan studi langsung ke lapangan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik-teknik antara lain: observasi, wawancara, penyebaran angket, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa pengaruh disiplin guru pada pembelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IX Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Satu Atap (SA) Darurrohman Dusun Dedali Desa Kapetakan Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon ditunjukan angka prosentase sebesar 29,26% artinya 29,26% disiplin belajar pada pembelajaran aqidah akhlak. Sementara koefisien korelasi menunjukan angka 0,541 artinya terdapat pengaruh yang cukup antara disiplin guru dengan disiplin belajar pada pembelajaran aqidah akhlak. Berdasarkan uji hipotesis diketahui harga thitung = 1,753 > ttabel = 1,714 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:00
Last Modified: 07 Jun 2017 03:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item