HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 TALUN KABUPATEN CIREBON

Mila Aslami, (2012) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 TALUN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MILA ASLAMI_58410404__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mila Aslami (58410404) “Hubungan Antara Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VII Pada Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 1 Talun Kabupaten Cirebon”. Kompetensi kepribadian guru adalah kemampuan kepribadian yang mantap, berahklak mulia, arif dan berwibawa, serta menjadi teladan siswa. Kompetensi ini diperoleh dan dikembangkan melalui proses sosialisasi. Kompetensi kepribadian merupakan kompetensi yang menunjukan bahwa peran guru tidak hanya sekedar penyampaian ilmu pengetahuan, tetapi sebagai pemberi teladan bagi siswa.Tugas guru dalam pembelajaran tidak terbatas pada penyampaian materi pembelajaran tetapi, lebih dari itu guru harus membentuk kompetensi dan pribadi peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh penjelasan tentang peranan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap penanaman kedisiplinan belajar siswa.Untuk memperoleh penjelasan tentang hasil kedisiplinan belajar siswa.Untuk memperoleh penjelasan tentang hubungan antara peranan kompetensi kepribadian guru terhadap penanaman kedisiplinan belajar dan hasilnya bagi kedisiplinan siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Talun Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Adapun proses dari penelitian ini diawali dengan pertemuan ke sekolah antara pihak guru pendidikan agama islam dan kepala sekolah, untuk mengetahui gambaran peranan kompetensi kepribadian guru terhadap penanaman kedisiplinan belajar siswa. kemudian siswa diberikan angket untuk mengetahui kompetensi kepribadian guruPendidikan Agama Islam (PAI) dan hasil kedisiplian belajar siswa. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan berdasarkan angka-angka adapun data yang dibutuhkan dalam penyusunan skripsi ini ada dua, pertama data teoritik yang diperolaeh dari sejumlah buku-buku yang berhubungan dengan judul skripsi untuk dijadikan sumber rujukan, kedua data empiric diperoleh melalui terjun langsung objek penelitian dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VII pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Talun Kabupaten Cirebon termasuk kedalam kategori sangat baik, dengan perolehan nilai=0,948 (0,95).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:03
Last Modified: 07 Jun 2017 04:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item