PEMAHAMAN SISWA TENTANG MA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL MADRASAH TSANAWIYAH RIYADLUL’ULUM DESA BENDUNGAN KECAMATAN PANGENAN KABUPATEN CIREBON

MUFLIKAH, (2012) PEMAHAMAN SISWA TENTANG MA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL MADRASAH TSANAWIYAH RIYADLUL’ULUM DESA BENDUNGAN KECAMATAN PANGENAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MUFLIKAH_58410379__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MUFLIKAH:Pemahaman Siswa tentang Materi Tajwid dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII MTs. Riyadlul’ulum Desa Bendungan Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Pemahaman siswa tentang materi tajwid merupakan usaha siswa dalam memahami, mengerti, menjelaskan, mengungkapkan kembali, baik dalam bentuk teori ataupun praktek materi tajwid, Guru al-Qur’an Hadits sudah memberikan materi tentang tajwid kepada siswa, mereka ada yang memahami ada juga siswa yang masih saja belum memahami apa yang telah disampaikan oleh guru mereka. Selain itu, sebelum belajar di MTs Riyadlul’ulum, merekapun sudah pernah belajar di Madrasah Diniyah, mengenai pelajaran Ilmu Tajwid. Melihat fenomena tersebut, penulis tertarik untuk meneliti terkait aspek pemahaman siswa tentang materi tajwid dan pengaruhnya terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pemahaman siswa tentang materi tajwid, kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, dan korelasi antara pemahaman siswa tentang materi tajwid meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an siswa. Penelitian ini dilandasi oleh pemikiran bahwa dalam setiap kegiatan belajar mengajar memiliki tujuan yang hendak dicapai. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan pemahaman yang baik akan materi yang sudah dipelajari oleh seorang peserta didik (siswa) dari seorang guru, penyampaian materi yang tepat dan menyenangkan merupakan usaha guru dalam meningkatkan pemahaman siswa agar dengan mudah memahami apa yang sudah dipelajarinya dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran al-Qur’an. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, penyebaran angket, studi dokumentasi, studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu menganalisis data kualitatif dengan pendekatan logika, dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dengan rumus prosentase dan product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1. Pemahaman siswa tentang materi tajwid adalah sebesar 25,44% artinya pemahaman siswa tentang ilmu tajwid dinilai tidak baik / rendah. 2. Kemampuan Siswa dalam Membaca Al-qur’an adalah sebesar 23,51 % artinya Kemampuan Siswa dalam Membaca Al-qur’an dinilai tidak baik / rendah. 3.Pengaruh Pemahaman siswa tentang materi tajwid pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits dengan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an kategori cukup dengan rhitung sebesar 0,42. Hasil tersebut menunjukan adanya pengaruh nilai yang sedang / cukup antara pemahaman siswa tentang materi tajwid dengan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Sedangkan dari hasil r sebesar 0,42 diketahui bahwa 17,64% prosentase dipengaruhi oleh Pemahaman siswa tentang materi tajwid dan selebihnya 82,36% dipengaruhi faktor lain yang masih perlu diteliti.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:07
Last Modified: 06 Jun 2017 06:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1089

Actions (login required)

View Item View Item