PENGARUH PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI I KEDOKANBUNDER KECAMATAN KEDOKANBUNDER KABUPATEN INDRAMAYU

NANANG KOSIM, (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI I KEDOKANBUNDER KECAMATAN KEDOKANBUNDER KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NANANG KOSIM_58410407__OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

NANANG KOSIM: Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Kedokanbunder Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu. Berdasarkan studi pendahuluan di SMA N I Kedokanbunder Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu, metode pengajaran yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya menerapkan metode kerja kelompok, melalui metode ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauhmana pengaruh penerapan metode kerja kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa di SMA N I Kedokanbunder Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu. Tujan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode kerja kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N I Kedokanbunder, untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA N I Kedokanbunder dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penerapan metode kerja kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa di SMA N I Kedokanbunder. Penelitian ini dilandasi oleh pemikiran bahwa unsur-unsur yang penting dalam belajar adalah peserta didik/ siswa, stimulus dan respon. Tanpa adanya ketiga unsur tersebut, maka metode kerja kelompok itu tidak akan berjalan dengan baik. Penerapan metode kerja kelompok tersebut akan memberikan pengaruh positif terhadap tercapainya hasil belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik; observasi, wawancara, penyebaran angaket, studi dokumentasi dan tes. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus product moment. Dari hasil penelitian, jumlah skor rata-rata jawaban angket tentang penerapan metode kerja kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam diperoleh angka sebesar 2,1 sedangkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam diperoleh nilai rata-rata 79,8 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kerja kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa terdapat korelasi yang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari angka korelasi yang diperoleh yaitu 0,525 yang berarti korelasi cukup atau sedang. Sementara drajat tidak adanya korelasi (K) sebesar 0,845 dan kadar pengaruh (E) sebesar 14,9%. Hal ini dapat diartikan bahwa penerapan metode kerja kelompok itu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA N I Kedokanbunder sebesar 14,9% dan selebihnya yang 85,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:22
Last Modified: 06 Jun 2017 07:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item