PENGARUH POLA PERGAULAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian terhadap Prestasi Bidang Studi Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Jalaksana Kabupaten Kuningan)

NIA KURNIASIH, (2012) PENGARUH POLA PERGAULAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian terhadap Prestasi Bidang Studi Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Jalaksana Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NIA KURNIASIH_07410023__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NIA KURNIASIH : Pengaruh Pola Pergaulan Siswa Terhadap Prestasi Belajar (Penelitian terhadap Prestasi Bidang Studi Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Jalaksana Kabupaten Kuningan ) Perkembangan kehidupan sosial remaja ditandai dengan gejala meningkatnya pengaruh teman sebaya atau pola pergaulan dalam kehidupan mereka. Sebagian besar remaja waktunya dihabiskan untuk berhubungan atau bergaul dengan teman-teman sebaya remaja lebih didasarkan pada hubungan persahabatan, hubungan tersebut dapat memberikan pola dalam pergaulan remaja. Jika didukung pergaulan yang baik di lingkungan sekitar atau di sekolah maka prestasi belajarnya pun akan baik. tetapi pada kenyataannya, walaupun pergaulan siswa di MTs Negri Jalaksana sudah baik, prestasi belajar pada siswa kelas VIII belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pola pergaulan siswa, untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa kelas VIII pada bidang studi Aqidah Akhlak, dan untuk memperoleh data tentang pengaruh pola pergaulan siswa terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Jalaksana Kabupaten Kuningan. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini membahas tentang pola pergaulan siswa atau remaja. Remaja merupakan tingkat perkembangan anak yang telah mencapai jenjang menjelang dewasa, dan bertambah luasnya pergaulan siswa menimbulkan persoalan-persoalan akibat perbedaan pembinaan. Dan di dalam pergaulan kelompok remaja (siswa) cenderung mempengaruhi prestasi belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, penyebaran angket, studi dokumentasi, studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu menganalisis data kualitatif dengan pendekatan logika, dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dengan rumus prosentase dan product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1. Pola pergaulan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Jalaksana kabupaten Kuningan adalah cukup, hal ini dilihat dengan rata-rata prosentase 66,66%, 2. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Jalaksana kabupaten Kuningan adalah cukup, hal ini dilihat dengan rata-rata prosentase 56,4, 3. Pengaruh pola pergaulan siswa terhadap prestasi belajar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Jalaksana kabupaten Kuningan. Hal ini berdasarkan perolehan nilai rxy, yang mencapai nilai 0,77; dimana nilai tersebut terletak diantara rentang 0,70 – 0,90 berada pada Interpretasi Korelasi yang kuat atau tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:25
Last Modified: 06 Jun 2017 07:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item View Item