PENGARUH PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH (MA) SALAFIYAH KANGGRAKSAN KOTA CIREBON

NINING SURYANI, (2012) PENGARUH PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH (MA) SALAFIYAH KANGGRAKSAN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NINING SURYANI_07410025__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NINING SURYANI : “Pengaruh Pencapaian Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Sosial Keagamaan Siswa Di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kanggraksan Kota Cirebon”. Keberhasilan pelaksanaan pengajaran Aqidah Akhlak dalam rangka membina kehidupan beragama siswa terlihat dari perilaku hidup sehari-hari erat kaitanya dengan pengalaman ajaran agama Islam baik yang bersifat ibadah yang memiliki keterkaitan dengan Allah SWT maupun dengan sesama manusia dan lingkunganya. Maka dari itu guru harus bisa membangkitkan motivasi dan memberi bimbingan agar siswa berperilaku sesuai dengan agama yakni akhlakul karimah. Jadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh prestasi belajar Bidang Studi Aqidah Akhlak terhadap perilaku sosial keagamaan siswa di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kanggraksan Kota Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa bidang studi Aqidah Akhlak, untuk memperoleh data tentang prilaku sosial keagamaan siswa serta mencari data tentang korelasi antara prestasi belajar siswa bidang studi Aqidah Akhlak terhadap perilaku sosial keagamaan siswa. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pencapaian prestasi yang baik akan berdampak baik pula dalam perilaku sosial dan keagamaanya. Proses pengajran yang baik dengan Pembinaan perilaku sosial keagamaan akan memberikan pengaruh terhadap perilaku keagamaan sosial kepada siswa dengan dapat mempratekanya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pengaruh prestasi belajar bidang studi Aqidah Akhlak akan memberikan pengaruh terhadap perilaku sosial keagamaanya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan empirik dengan melakukan studi lapangan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, studi kepustakaan dan penyebaran angket kepada siswa yang dijadikan sampel sebanyak 25% dari jumlah siswa seluruhnya yaitu 125 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Kemudian data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan untuk mengetahui pengaruh antara variabel x dan variabel y, maka digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa 1). Prestasi belajar siswa bidang studi Aqidah Akhlak tergolong baik, terbukti dari hasil angket yang diberikan kepada siswa menunjukan nilai 7,78 (baik) 2). Perilaku sosial keagamaan siswa dalam kehidupan sehari-hari tergolong baik dengan nilai rata-rata (46,47%) 3). Adapun pengaruh prestasi belajar bidang studi Aqidah Akhlak terhadap perilaku sosial keagamaan siswa di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kanggraksan Kota Cirebon menunjukan adanya korelasi yang positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan nilai korelasi sebesar 0,36 pada standar penelitian product momen berada pada jarak 0.200-0.400 dengan kategori korelasi hubungan kurang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:40
Last Modified: 06 Jun 2017 07:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1096

Actions (login required)

View Item View Item