HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 PLUMBON KABUPATEN CIREBON

Nunung Nurjanah, (2012) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 PLUMBON KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NUNUNG NURJANAH_58410727__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nunung Nurjanah: Hubungan antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Plumbon Kabupaten Cirebon. Perpustakaan adalah suatu ruangan atau gedung-gedung berisi buku-buku koleksikoleksi yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan oleh pembaca dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana seperti ruang baca, rak buku, rak majalah, meja kursi baca, kartu-kartu katalog. Sistem pengelolahan tertentu dan ditempatkan petugas yang menjalankan perpustakaan agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Dan minat adalah suatu perangkat mental yang terdiri dari suatu campuran dan perasaan, harapan, pendirian, prasangka, rasa takut atau kecenderungan-kecenderungan lain yang mengarahkan individu kepada suatu pilihan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Plumbon Kabupaten Cirebon, untuk memperoleh data tentang Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikam Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Plumbon Kabupaten Cirebon dan untuk memperoleh data tentang Hubungan Antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Plumbon Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa pemanfaatan perpustakaan yang baik dan memadai akan memberikan pengaruh yang besar terhadap minat belajar siswa. Oleh sebab itu segala bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan sekolah harus dapat menunjang proses belajar sehingga pemanfaatan perpustakaan dapat dirasakan maksimal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan perhitungan prosentase data menggunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMP Negeri 2 Plumbon Kabupaten Cirebon diperoleh perhitungan sebesar 46,3% perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMP Negeri 2 Plumbon Kabupaten Cirebon dikatakan cukup. (2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Plumbon Kabupaten Cirebon diperoleh perhitungan sebesar 52,2% perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Plumbon dapat dikatakan cukup. (3) Hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Plumbon Kabupaten Cirebon diperoleh perhitungan sebesar 0,43% hal ini berarti bahwa hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Plumbon Kabupaten Cirebon memiliki korelasi yang cukup.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:50
Last Modified: 07 Jun 2017 01:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1099

Actions (login required)

View Item View Item