HUBUNGAN TES FORMATIF BIDANG STUDI AL-QU’RAN HADITS DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PERSATUAN UMAT ISLAM (PUI) DESA TENAJAR LOR KECAMATAN KERTASMAYA KABUPATEN INDRAMAYU

Nunung Nurokmi, (2012) HUBUNGAN TES FORMATIF BIDANG STUDI AL-QU’RAN HADITS DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PERSATUAN UMAT ISLAM (PUI) DESA TENAJAR LOR KECAMATAN KERTASMAYA KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NUNUNG NUROKMI_58410382__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nunung Nurokmi :”Hubungan Tes Formatif Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VIII Siswa Madrasah Tsanawiyah (Mts) PUI Desa Tenajar Lor Kecamatan Kertasmaya Kabupaten Indramayu Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis di MTs PUI Tenajar Lor Indramayu, guru bidang studi Qur’an Hadits mengatakan tes formatif dilaksanakan empat kali pada semester genap, dari adanya pelaksanaan tes formatif (ulangan harian) bidang studi Qur’an Hadits dapat memungkinkan peserta didik mendapatkan hasil belajar yang baik, atau dapat terjadi sebaliknya dalam pelaksanaan tes formatif tersebut siswa mendapatkan hasil belajar yang kurang baik atau kurang memuaskan. Dengan belum adanya kepastian dari hasil tes formatif tersebut penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tes formatif dalam pembelajaran bidang studi Qur’an Hadits, kemudian bagaimana hasil belajar siswa setelah melaksanakan tes formatif dan adakah hubungannya antara pelaksanaan tes formatif dengan hasil belajar siswa di MTs PUI Tenajar Lor Indramayu. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa adanya tes formatif (ulangan harian) pada proses pembelajaran bidang studi Qur’an Hadits sangat berperan penting dalam menilai hasil belajar siswa dan dapat dijadikan koreksi bagi guru dalam mengajar serta peserta didik dalam belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik-teknik sebagai berikut: wawancara, observasi, angket, studi dokumentasi dan studi pustaka. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan rumus korelasi product moment. Kesimpulan dari hasil penelitian membuktikan Pelaksanaan tes formatif Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Siswa MTs PUI Tenajar Lor Kecamatan Kertasmaya Kabupaten Indramayu, dari hasil perhitungan prosentase diperoleh rata-rata (82.30%). Berarti pelaksanaan tes formatif Qur’an Hadits Cukup diterima oleh siswa. Hasil Belajar Siswa MTs PUI Tenajar Lor Kecamatan Kertasmaya Kabupaten Indramayu sudah mencapai kategori cukup karena siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits yang berada pada interval nilai 85-90 sebanyak 53,08%. Hubungan antara tes formatif bidang studi Al-Qur’an Hadits dengan hasil belajar siswa MTs PUI Tenajar Lor Kecamatan Kertasmaya Kabupaten Indramayu Dari hasil perhitungan, diperoleh

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:53
Last Modified: 07 Jun 2017 01:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1100

Actions (login required)

View Item View Item