PENGARUH PEMAKAIAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 8 KOTA CIREBON

RINA HANITA, (2012) PENGARUH PEMAKAIAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RINA HANITA_58410320__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

RINA HANITA : “Pengaruh Pemakaian Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Kota Cirebon” Penelitian ini bertolak dari perolehan data wawancara bahwa dalam pengajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X, guru PAI sudah menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses mengajar yaitu yang salah satunya dengan menggunakan LKS. Namun hasil observasi penulis, walaupun media sudah digunakan, namun tidak terlalu memberikan pengaruh baik terhadap minat belajar siswa, dengan indikasi masih adanya siswa yang tidak memperhatikan atau kurang respon ketika proses pembelajaran berlangsung, yaitu: masih ada anak yang ngobrol sendiri-sendiri, ada anak yang mainan HP, ada anak yang tiduran, dan lain sebagainya. Jadi, masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh pemakaian Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Kota Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang pemakain Lembar Kerja Siswa (LKS) pada mata pelajaran PAI, untuk memperoleh data tentang minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI, serta untuk memperoleh data tentang besarnya pengaruh pemakaian Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap minat belajar PAI siswa kelas X SMAN 8 Kota Cirebon. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pemakaian LKS yang baik sebagai media pembelajaran akan berdampak baik pula terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Dengan demikian, pemakaian LKS akan memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan empirik dengan melakukan studi lapangan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, kajian pustaka dan penyebaran angket kepada siswa yang dijadikan sampel sebanyak 20% dari jumlah seluruh siswa kelas X yaitu 321 siswa dengan menggunakan teknik sampel random. Kemudian data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan untuk mengetahui pengaruh antara variabel X dan variabel Y, maka digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa: pemakaian LKS PAI kelas X SMAN 8 Kota Cirebon tergolong cukup, terbukti dari hasil angket yang diberikan kepada siswa menunjukkan nilai 44,532% (cukup), minat belajar PAI siswa kelas X SMAN 8 Kota Cirebon tergolong cukup, terbukti dari hasil angket yang diberikan kepada siswa menunjukkan nilai 52,657% (cukup). Dan adapun pengaruh pemakaian Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas X SMAN 8 Kota Cirebon menunjukkan adanya korelasi yang positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan nilai korelasi sebesar 0,44 pada standar penelitian product moment berada pada jarak 0.400-0.600 dengan kategori korelasi agak rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:27
Last Modified: 07 Jun 2017 01:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item View Item