HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VII di MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL- IKHLAS KARANG ANYAR KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON

SITI NURKHASANAH, (2012) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VII di MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL- IKHLAS KARANG ANYAR KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI NURKHASANAH_07410108__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SITI NURKHASANAH : Hubugan Antara Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhlas Karang Anyar Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon Berdasarkan studi pendahuluan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhlas Karang Anyar Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. Sebagian siswa nya masih ada yang belum lancar dalam baca tulis Al-Quran. Padahal di sekolah tersebut terdapat pelajaran mulok yaitu pelajaran Baca Tulis Al-Quran (BTA) dimana tujuan pembelajaran ini supaya siswa bisa memperoleh prestasi yang lebih baik pada mata pelajaran Al-Quran Hadits. Namun kenyataannya prestasi Al-Quran Haditsnya masih kurang. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar korelasi Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Ikhlas Karang Anyar Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kemampuan Baca Tulis Al-Quran (BTA), Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits dan hubungan antara Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhlas Karang Anyar Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran, bawa dalam proses pembelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah (MTs) bertujuan untuk memberikan kemampuan dasar kepada siswa dalam membaca, menulis, membiasakan dan menggemari mambaca Al-Quran dan Hadist serta menanamkan pengertian, pemahaman, penghayatan isi kandungan ayat-ayat Al-Quran Hadits. Hal ini terkait dengan prestasi belajar yang dicapai siswa dalam pembelajaran Al-Quran Hadits. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik-teknik seperti observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan memggunakan rumus presentase dan “r” product moment untuk mengetahui korelasi antara Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhlas Karang Anyar Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan Baca Tulis Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhlas, dengan hasil rata-rata Kemampuan baca tulis Al-Quran (BTA) masih tergolong tidak baik (39, 7). Prestasi belajar Al-Quran Hadits nilai rata-rata 72,57 yaitu cukup baik. dan hubungan yang kurang baik antara kemampuan baca tulis Al-Quran (BTA) dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan korelasi yang menunjukkan angka positif yaitu : 0,720. Namun tingkat korelasinya tinggi karena berada pada interval 0,600-0,800.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:42
Last Modified: 07 Jun 2017 02:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item