HUBUNGAN ANTARA PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NUR KOTA CIREBON

Siti Nurunnisa, (2012) HUBUNGAN ANTARA PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI NURUNNISA_07410033__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Nurunnisa, 07410033 : “Hubungan antara Pembinaan Baca Tulis al-Qur‟an Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran al-Qur‟an Hadis di Madrasah Ibtidaiyah (MI) An-Nur Kota Cirebon. Salah satu kewajiban orangtua adalah mendidik anaknya agar berilmu pengetahuan dan berakhlak mulia karena orangtua merupakan pihak yang paling dekat dengan anak dan merupakan madrasah pertama bagi anaknya, untuk mempelajari al-Qur‟an dibutuhkan pembinaan yang baik, karena al-Qur‟an merupakan kitab suci yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril, untuk itu orangtua berperan sangat penting terhadap pembinaan baca tulis al-Qur‟an anak di rumah sebagai kelanjutan dari pembinaan guru di sekolah. Kondisi ini seharusnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tetapi yang terjadi adalah prestasi belajar siswa kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang pembinaan baca tulis al-Qur‟an orangtua, untuk menjelaskan data tentang prestasi belajar siswa mata pelajaran al-Qur‟an Hadis kelas IV, untuk menjelaskan apakah ada hubungan antara pembinaan baca tulis al-Qur‟an orangtua dengan prestasi belajar siswa di MI An-Nur Kota Cirebon. Sebagai kerangka pemikiran pembinaan kemampuan tulis baca al-Qur‟an orangtua diarahkan untuk dapat membantu meningkatkan kemampuan anak dalam hal membaca al-Qur‟an secara fasih dan tartil serta mampu menuliskannya dengan tulisan yang bagus dan benar sesuai dengan kompetensi.Oleh karena itu, pembinaan tulis baca al-Qur‟an orangtua dalam proses pembelajaran anaknya yang baik terutama dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa. Langkah-langkah penelitian ini adalah dengan menelaah buku-buku ilmiah serta mengadakan studi langsung ke lapangan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui teknik diantaranya: observasi, angket, studi dokumentasi dan juga studi kepustakaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembinaan baca tulis al-Qur‟an orangtua dalam mengelola proses belajar mengajar sebesar 4.48% termasuk kriteria cukup. Prestasi belajar al-Qur‟an Hadis siswa kelas IV memperoleh nialai rata-rata (mean) dari jumlah total rata-rata nilai sebesar 8,1 dengan nilai interpretasi kualitatif sebesar 84% termasuk kriteria baik. Hasil dari perhitungan korelasi antara hubungan antara pembinaan baca tulis al-Qur‟an orangtua dengan prestasi belajar siswa di MI An-Nur pada al-Qur‟an Hadis mencapai 0,22 berarti kriteria kurang akan tetapi ada. Diperoleh juga indeks determinasi sebesar 4.48% artinya prestasi belajar siswa di pengaruhi pembinaan baca tulis al-Qur‟an orangtua sedangkan sisanya sebesar adalah ditentukan oleh faktor lainnya. Kemudian berdasarkan uji korelasi diketahui robservasi lebih besar dari “ro” baik pada taraf signifikansi 5% ataupun signifikansi 1% (0.22>0.304) atau (0.22>0.393). Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:45
Last Modified: 07 Jun 2017 02:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1112

Actions (login required)

View Item View Item