PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MARGAJAYA KABUPATEN CIAMIS

SRI NURMALA, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MARGAJAYA KABUPATEN CIAMIS. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SRI NURMALA_07410034__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SRI NURMALA:”Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Al-Quran Hadits terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Margajaya Kabupaten Ciamis” Berdasarkan hasil observasi awal di MTs Margajaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis, ketika pembelajaran Qur’an Hadis berlangsung banyak siswa yang mengantuk dan berbicara dengan temannya. Ketika disuruh membaca salah satu ayat mereka tidak bersemangat dan suaranyapun pelan. Beradasrkan hasil tes, dari 60 siswa di dua kelas hanya ada 15 orang yang memenuhi KKM. Penggunaan media audio visual merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar. Jadi, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media audio-visual, mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa serta mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pokok bahasan hukum lam dan ra. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa salah satu dampak positif dari digunakannya media pengajaran adalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Diharapkan dengan penggunaan media audio visual prestasi belajar siswa akan meningkat. Penelitian ini beranjak dari hipotesis, jika dalam penyajian mata pelajaran Qur’an Hadis menggunakan media audio visual maka prestasi belajar siswa akan meningkat. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, studi dokumentasi dan angket. Setelah data tes diperoleh kemudian dianalisis, untuk prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan uji hipotesis adalah dengan uji t. Sedangkan data hasil angket dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan media audio-visual dengan prestasi belajar siswa maka digunakan uji korelasi dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah digunakan media audio-visual, respon siswa dalam kategori cukup, yaitu sebanyak 56,0% siswa sangat setuju terhadap penggunaan media audio-visual. Begitu pula dengan prestasi belajar siswa, ada peningkatan dari hasil pre test dan post test masing-masing sebesar 9,0 dan 10,9. Begitu juga berdasarkan uji korelasi antara penggunaan media audio visual dengan prestasi belajar siswa diperoleh nilai Sig. = 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual dengan prestasi belajar siswa. Adapun besar pengaruh antara variabel tersebut adalah sebesar 0,792 yang berarti korelasi tinggi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:48
Last Modified: 07 Jun 2017 02:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item