PEMBELAJARAN BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK HUBUNGANNYA DENGAN AKHLAK SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) YAYASAN TARBIYATUL MUTA’ALIMIN (YATAMU) PASAWAHAN KABUPATEN CIREBON

SYAEFULLAH, (2012) PEMBELAJARAN BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK HUBUNGANNYA DENGAN AKHLAK SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) YAYASAN TARBIYATUL MUTA’ALIMIN (YATAMU) PASAWAHAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SYAEFULLAH_07419192__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SYAEFULLAH: Pembelajaran Bidang Studi Aqidah Akhlak Hubungannya dengan Akhlak Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yayasan Tarbiyatul Muta’alimin (Yatamu) Pasawahan Kabupaten Cirebon. Peranan pembelajaran aqidah akhlak terhadap pembangunan nasional Indonesia baik dalam proses pembanguan secara umum maupun secara spesifik terlihat peranan aqidah akhlak menempati posisi yang utama. Perilaku belajar yang terjadi pada peserta didik dapat dikenal dengan baik dalam proses maupun hasilnya. Ukuran yang ideal dimiliki oleh peserta didik adalah adanya kesadaran pada diri peserta didik akan adanya perubahan yang dialami atau sekurangkurangnya ia merasakan adanya perubahan dalam dirinya. Oleh karena itu kegiatan belajar mengajar bidang studi aqidah akhlak diberikan pada siswa MTs yang termasuk kedalam kategori usia remaja. Karena fungsi dari kegiatan belajar mengajar bidang studi aqidah akhlak pada siswa hakikatnya untuk mengarahkan agar diri siswa tumbuh akhlak yang mulia, dan sesuai dengan aspek-aspek kegiatan manusia pada umumnya, yakni kegiatan yang bersifat individual, kegiatan social, dan kegiatan yang bersifat keagamaan. Wilayah penelitian dalam skripsi ini termasuk kedalam bimbingan konseling dengan menggunakan pendekatan empiric dengan jenis penelitian lapangan (field research) tepatnya di Madrasah Tsanawiyah YATAMU Pasawahan Kabupaten Cirebon. Jenis masalah dalam penelitian ini adalah masalah pembelajaran bidang studi Aqidah hubungannya dengan akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang : (1) pembelajaran yang diberikan oleh guru bidang studi aqidah akhlak, (2) akhlak pada siswa, (3) pembelajaran bidang studi aqidah akhlak hubungannya dengan akhlak siswa di MTs YATAMU Pasawahan kabupaten Cirebon. Metodologi penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi kepustakaan. Dalam menganalisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan perhitungan prosentase, sedangkan untuk perhitungan hubungan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran bidang studi aqidah akhlak di MTs YATAMU Pasawahan Kabupaten Cirebon, berdasarkan perhitungan rata-rata yang mencapai nilai 69,8% berarti tergolong cukup. Akhlak siswa pada bidang studi aqidah akhlak di MTs YATAMU Pasawahan Kabupaten Cirebon, diperoleh perhitungan rata-rata mencapai nilai 72,4% berarti tergolong cukup. Berdasarkan uji korelasi diperoleh nilai 0,22 nilai tersebut tergolong rendah, dan nilai tersebut berada pada rentang 0,20-0,40 (kategori rendah), berdasarkan uji statistic, terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran bidang studi aqidah akhlak hubungannya dengan akhlak siswa, dengan tingkat signifikan sebesar 2,45%. Ini berarti terdapat 97,55% lagi factor lain. Dan Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai thitung = 1,172 dan ttabel = 1,703 dengan demikian thitung lebih kecil dari ttabel. Dengan demikan, Ho diterima Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:51
Last Modified: 07 Jun 2017 02:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item