EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 14 KOTA CIREBON

Trismaya, (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 14 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
TRISMAYA_58410417___OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Trismaya: EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 14 KOTA CIREBON Proses belajar mengajar merupakan proses interaktif antara guru dan peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang memadai, baik dalam segi hasil proses maupun dalam segi hasil; karena efektivitas pembelajaran dapat dapat dilihat dari dua segi tersebut proses dan hasil pembelajaran itu banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar adalah metode pengajaran yang dipakai. Penelitian bertujuan untuk meneliti tentang bagaimana penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam (PAI), dan prestasi belajar siswa yang dicapai. Metode demonstrasi merupakan cara penyajian pelajaran dengan meragakan atau memempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya ataupun tiruan, yang sering disertai dengan penjelasan lisan. Sedangkan prestasi belajar seseorang sesuai dengan tingkat keberhasilan sesuatu dalam mempelajari materi pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau raport setiap mata pelajaran setelah mengalami proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang penulis pakai menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi yang ditentukan sejak awal penelitian. Penilaian data ini menggunakan skor angket dari hitungan statistik dengan cara mean, median dan modus. Sebagai kesimpulan akhir yang diperoleh setelah menempuh perhitungan statistik. Ternyata ada hubungan yang kuat atau erat antara efektivitas penggunaan metode demonstrasi dan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Cirebon. Artinya penggunaan metode demonstrasi berpengaruh besar terhadap hasil yang dicapai berupa prestasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil nili angket, yang mana jumlah responden yang menyatakan sangat setuju mencapai 38,20%, responden yang menyatakan setuju mencapai 44,20%, yang menyatakan netral mencapai 11,50 %, yang menyatakan tidak setuju mencapai 4,74%, dan yang menyatakan sangat tidak setuju mencapai 0,8%. Sedangkan hubungan antara penggunaan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa di sekolah menengah pertama (SMP) Negeri 14 Cirebon dibuktikan dengan adanya nilai kolerasi yang sangat cukup yakni 0,480.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:07
Last Modified: 07 Jun 2017 03:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item View Item