EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN METODE 10 JAM TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA KURSUS DI LEMBAGA KURSUS AL-QUR’AN KESAMBI KOTA CIREBON

Udin Eka Mauludin, (2012) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN METODE 10 JAM TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA KURSUS DI LEMBAGA KURSUS AL-QUR’AN KESAMBI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
udin eka mauludin_07419194__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Udin Eka Mauludin : Efektifitas Pembelajaran Al-Qur’an Metode 10 Jam Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Kursus Di Lembaga Kursus Al-Qur’an Kesambi Kota Cirebon. Mengingat sangat pentingnya al-Qur’an sebagai pedoman umat Islam yang berisi petunjuk dan tuntunan komprehensif guna mengatur kehidupan di dunia dan akhirat, maka pendidikan al-Qur’an khususnya bagi orang dewasa yang memiliki kesibukan dan waktu yang terbatas dalam mempelajari al-Qur’an sangatlah diperlukan untuk mempelajari agama secara efektif dan dinamis. Metode 10 jam adalah metode dimana lebih menekankan pada cara memudahkan membaca al- Qur’an dalam waktu yang singkat dan diperuntukan bagi orang dewasa dan muallaf yang membutuhkan pembelajaran khusus, sehingga mereka mampu membaca al-Qur’an dengan cepat tanpa mengganggu aktivitas keseharian. Penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa dalam belajar al-Qur’an seseorang harus menempuh waktu yang cukup lama dan lebih khusus lagi bagi orang dewasa yang sama sekali belum mengenal baca tulis al-Qur’an serta memiliki keterbatasan waktu dalam mempelajari al-Qur’an. Namun dengan menggunakan metode 10 jam hal itu niscaya dapat tercapai, sehingga dalam waktu yang relatif singkat (10 jam) seseorang dapat membaca al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang metode pembelajaran al-Qur’an 10 jam, kemampuan membaca al-Qur’an peserta kursus, dan efektifitas pembelajaran al-Qur’an metode 10 jam terhadap kemampuan membaca al-Qur’an peserta kursus. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi, penyebaran angket, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu menganalisis data kualitatif dengan pendekatan logika, dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dengan rumus prosentase dan product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Penerapan metode 10 jam terhadap kemampuan membaca al-Qur’an peserta kursus lembaga kursus al-Qur’an metode 10 jam Kesambi Kota Cirebon adalah baik, hal ini dibuktikan dengan rata-rata prosentase 99,8% 2) Kemampuan membaca al-Qur’an peserta kursus lembaga kursus al-Qur’an metode 10 jam kesambi Kota Cirebon adalah tergolong baik, hal ini dibuktikan dengan rata-rata prosentase 99,33% 3) Penerapan metode 10 jam terhadap kemampuan membaca al-Qur’an peserta kursus lembaga kursus al-Qur’an metode 10 jam kesambi Kota Cirebon adalah sedang atau cukup baik. Berdasarkan analisis, didapatkan hasil 0,62 pada (N) 30 kemudian dicocokkan dengan taraf signifikansi 5% dengan berpedoman pada tabel distribusi, jadi nilai ttabel (dk) 28 dalam uji satu pihak yaitu uji pihak kanan adalah 1,701, dari hasil uji di atas dapat diketahui nilai thitung ≥ ttabel atau 5,29 ≥ 1,701. Sehingga kesimpulan terhadap hipotesis itu adalah tidak dapat diterima atau Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh pembelajaran al-Qur’an metode 10 jam terhadap kemampuan membaca al-Qur’an peserta kursus di lembaga kursus al- Qur’an metode 10 jam kesambi Kota Cirebon. Dan jika 0,62 di konsultasikan dengan kriteria yang diajukan di depan berada pada rentang antara 0,40–0,70. Maka pengaruhnya adalah sedang atau cukup baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:09
Last Modified: 07 Jun 2017 03:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1120

Actions (login required)

View Item View Item