PENGARUH BUKU TEKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI I KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU

YAYAH INAYAH, (2012) PENGARUH BUKU TEKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI I KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YAYAH INAYAH_58410324__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

YAYAH INAYAH : “Pengaruh Buku Teks terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Karangampel Kabupaten Indramayu” Media pengajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yang diraih siswa. Namun, tidak hanya media pengajaran saja yang mempengaruhinya, tetapi juga ada faktor-faktor yang lainnya. Oleh karena itu para guru terutama guru PAI harus mengetahui peranan media pengajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, sehingga seorang guru tidak lagi menyepelekan kekuatan media mengajar. Buku Teks PAI merupakan salah satu media pengajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karangampel. Dan diharapkan pemakaian Buku Teks PAI tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN I Karangampel. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pemakaian Buku Teks, prestasi belajar mata pelajaran PAI yang diperoleh siswa kelas VII serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kedua variabel tersebut. Kerangka pemikiran skripsi ini adalah bahwa media pengajaran berupa Buku Teks mata pelajaran PAI dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Metode penelitian skripsi ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan empirik dan menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri atas observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan Buku Teks mata pelajaran PAI tergolong cukup, terbukti dari hasil angket yang diberikan kepada siswa menunjukkan nilai 48,45% (cukup), prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII SMPN I Karangampel tergolong cukup, terbukti dari hasil raport yang diberikan kepada siswa menunjukkan nilai 73,84% (cukup). Dan adapun pengaruh penggunaan Buku Teks terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VII SMPN I Karangampel menunjukkan adanya korelasi yang positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan nilai korelasi sebesar 0,062 pada standar penelitian product moment berada pada jarak 0.000 - 0.200 dengan kategori korelasi sangat rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:12
Last Modified: 07 Jun 2017 03:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item