PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENGATASI RENDAHNNYA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 BABAKAN KECAMATAN BABAKAN KABUPATEN CIREBON

YULI NURHIDAYANTI, (2012) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENGATASI RENDAHNNYA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 BABAKAN KECAMATAN BABAKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YULI NURHIDAYANTI_07410077__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

YULI NURHIDAYANTI : Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Babakan Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon Pengembangan pembelajaran adalah peningkatan pembelajaran yang di lakukan guru agar dapat menghasilkan peserta didik yang aktif dan kreatif. Seorang pendidik dituntut menguasai pengembangan dalam pembelajarannya sehingga dapat mengarahkan peserta didik kearah yang lebih baik dan mendapatkan nilai-nilai serta norma-norma hidup. Dalam hal ini, pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) diharapkan dapat mengatasi rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa. Karena menanamkan kebiasaan membaca Al-Qur’an dalam diri siswa merupakan aplikasi pendidikan keagamaan. Oleh sebab itu, pendidikan agama Islam yang bersumber dari Al- Qur’an menjadi hal yang paling utama yang harus ditanamkan kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI), kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, dan korelasi antara pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Penelitian ini dilandasi oleh pemikiran bahwa dalam setiap kegiatan belajar mengajar memiliki tujuan yang hendak dicapai. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut maka dipererlukan pengembangan pembelajaran yang harus dilakukan oleh seorang guru. Pengembangan pembelajaran merupakan salah satu bentuk dari berbagai macam upaya atau peningkatan yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, penyebaran angket, studi dokumentasi, studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu menganalisis data kualitatif dengan pendekatan logika, dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dengan rumus prosentase dan product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1. Pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam untuk mengatasi rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP Negeri 1 Babakan kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon adalah cukup, hal ini dilihat dengan rata-rata prosentase 63,90%. 2. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Babakan Kabupaten Cirebon adalah rendah, hal ini dilihat dengan rata-rata prosentase 42,50%, 3. Pengaruh pengembangan pembelajaran pendidikan Agama Islam terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Babakan kabupaten Cirebon termasuk kategori rendah dengan rhitung sebesar 0,27. Hasil tersebut menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an siswa rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:15
Last Modified: 07 Jun 2017 03:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item