UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PESAWAT SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI ALAT PERAGA DI KELAS V MI HIDAYATUS SHIBYAN KABUPATEN CIREBON

Agung Surya Permadi, (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PESAWAT SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI ALAT PERAGA DI KELAS V MI HIDAYATUS SHIBYAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AGUNG SURYA PERMADI_58471341___ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Agung Surya Permadi : 58471 341 ABSTRAK Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pesawat Sederhana pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Alat Peraga Di Kelas V MI Hidayatus Shibyan Kabupaten Cirebon. Kurangnya hasil belajar pada proses pembelajaran IPA di MI Hidayatus Shibyan Desa Kecomberan Kabupaten Cirebon disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru, yang menghasilkan menghasilkan suasana monoton dan menjenuhkan. Salah satu faktornya adalah guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan tanpa menggunakan media, sehingga kemampuan siswa dan kreativitas siswa kurang aktif, menunjukkan bahwa siswa kurang bersemangat dalam menerima pelajaran dan menimbulkan kejenuhan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui hasil belajar siswa dalam menggunakan sistem pembelajaran dengan penggunaan alat peraga pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana, untuk mengetahui penerapan penggunaan alat peraga pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana, dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dengan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana. Pada dasarnya alat peraga adalah alat bantu pendidikan artinya alat-alat yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan bahan pendidikan atau pengajaran. Penggunaan alat peraga akan mempermudah siswa dalam merumuskan atau menggolongkan konsep pesawat sederhana Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) artinya penelitian yang dilakukan oleh di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi sendiri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat (IGAK Warani, dkk. 2007 : 1.4). Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan pada kondisi awal, nilai rata-rata kelas adalah 59 secara klasikal nilai rata-rata ketuntasan 34%. Dengan penggunaan alat peraga pada siklus I, nilai rata-rata kelas menjadi 69 prosentasenya pun mengalami peningkatan 60%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 88 dan prosentase ketuntasannya 94% dan sudah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa melalui alat peraga. Setiap siklus selalu membawa dampak positif ke arah peningkatan hasil belajar siswa kelas V MI Hidayatus Shibyan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 06:28
Last Modified: 06 Jun 2017 01:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1323

Actions (login required)

View Item View Item